10 Lagu Jaco Pastorius Terbaik

Jaco Pastorius
Photo Source: intoabluehaze.blogspot.com

Jaco Pastorius adalah “Dewa” bagi dewa-dewa bass modern. Hampir tidak ada pemain bass top dunia yang tidak menyebut Jaco sebagai influence bagi mereka. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai Jaco, silahkan baca artikel Mengenang Jaco Pastorius yang ditulis oleh Ahmad Mirza “Mirjaco” Safwandy,

Berikut 10 rekaman terbaik Jaco Pastorius pilihan Ahmad Mirza “Mirjaco” Safwandy, musisi jazz Aceh yang merupakan pemain bass untuk group Xanta Fee, King of Fire, Moritza and Friends, NAD Project dan Mino Pueblo Quartet.

1. Soul Intro/The Chickens

Lagu funk ini memberi kesan yang sangat mendalam karena merupakan lagu perkenalan saya dengan Jaco, dan menjadi salah satu bahan yang harus saya pelajari dan mainkan ketika berguru kepada Tuan Guru Moritza Thaher dan Maiwan Syah.  Soul Intro/The Chickens ini direkam untuk album The Birthday Concert yang merupakan sebuah konser untuk memperingati ulang tahun ke 30 Jaco di tahun 1981. Aslinya The Chickens adalah lagu instrumental James Brown yang diciptakan oleh saxophonist Pee Wee Ellis di tahun 1968 untuk pemain gitarnya Jimmy Nolen. Jimmy Nolen adalah penemu teknik gitar Chicken Scratch yang merupakan teknik wajib pemain gitar Funk.

 2. Portrait of Tracy

Lagu yang direkam untuk album debut eponymous berjudul Jaco Pastorius (1976) ini didedikasikan untuk istri pertama Jaco, Tracy Sexton.

Portrait of Tracy adalah sebuah solo yang indah (dan mungkin yang paling indah) yang memperlihatkan ciri khas Jaco dalam bermain bass: HARMONIC. Portrait of Tracy dimainkan dengan Bass of Doom, julukan untuk bass fretless Fender Jazz Bass ’62 kesayangan Jaco (awalnya fretted, kemudian semua fret-nya dicabut).

3. Birdland

Lagu yang menjadi flagship nya Weather Report ini dikarang oleh Joe Zawinul dan direkam untuk album Heavy Weather (1977), dan menjadi salah satu lagu jazz fusion yang paling diingat sepanjang masa. Simak solo harmonic Jaco di intro lagu ini, dan cermati walking bassline yang dimainkannya ketika mengiring: EXTRAVAGANZA!

4. Continuum

Masih dari album debut Jaco Pastorius (1976), Jaco mempertunjukkan sebuah keindahan lain dengan bass fretless Bass of Doom-nya. Dibantu Herbie Hancock (piano), Alex Darqui (fender rhodes electric piano), Lenny White (drums) dan Don Alias (perkusi), Jaco bisa memberikan orgasme yang sangat nikmat kepada semua yang mendengarkan lagu ini.

5. 4 AM

Herbie Hancock mengajak Jaco untuk mengisi sebuah lagu di albumnya Mr. Hands (1980). Ditemani Harvey Mason di drum, dan Bill Summers (perkusi), 4 AM mempertunjukkan kejeniusan ke-empat pemain Jazz dunia ini dalam memainkan sebuah komposisi jazz fusion (khas Hancock).

6. Mood Swings    

Sebuah lagu Jazz Rock Fusion yang diambil dari album solo gitar Mike SternUpside Downside (1986), diproduseri oleh seorang gitaris hebat dunia, Hiram Bullock. Mood Swings menampilkan permainan gila dari Stern, Jaco, Steve Jordan (drums), dan Mitchel Forman (keyboard), yang mencoba mengimbangi permainan ganas dari saxophonist bebop Bob Berg. Simak unison-unison panjang yang dimainkan kelima musisi ini.

7. Crisis

Permainan walking bassline  super cepat ditampilkan Jaco di lagu yang berasal dari album Word of Mouth (1981). Satu pesan untuk bassist yang mau cover lagu ini: Pasang seatbelt dan gunakan helm pengaman!

8. Donna Lee

Lagu bebob karya Miles Davis ini direkam Jaco untuk album pertamanya Jaco Pastorius (1976). Dengan hanya didampingi Don Alias (konga), Jaco memperlihatkan sebuah interpretasi yang cukup “gila” dari Donna Lee.

9. Brown Eyes

Sebuah lagu pop Reggae dari album Jimmy CliffCliff Hanger (1985) memperlihatkan sosok Jaco yang “manis”. Tetap bermain dengan gaya khasnya, Jaco memperlihatkan sebuah solo bass di tengah-tengah lagu yang catchy dan sangat pop (carribean), dilanjutkan dengan bermain secara perkusif untuk membantu mengangkat spirit Reggae dan Carribean di lagu ini.

10. Havona

Masih dari album Heavy Weather (1977), lagu karangan Jaco ini juga merupakan salah satu anthem dari Weather Report. Sebuah fusion dari Jazz dan funk ditampilkan Zawinul, Shorter, Pastorius, dan Acuna. Solo yang sangat indah ditampilkan Jaco ditengah lagu, ditimpali permainan post bob Alex Acuna, melodi yang indah Shorter, dan explorasi sound dari Zawinul.

(AMS)

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: