Anak muda Aceh gelar aksi solidaritas untuk Diana

we love diana

by Ihan Nurdin | Rabu, 10 April 2013 12:50:00 WIB | Source: Atjehpost

BELASAN komunitas anak muda di Banda Aceh yang tergabung dalam Gerakan Solidaritas untuk Diana akan menyelenggarakan “Malam Solidaritas untuk Diana” pada Jumat dan Sabtu malam, 12-13 April 2013.

Koordinator Acara, Putra Rizki Youlan Radhianto, kepada ATJEHPOSTcom mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud keprihatinan anak-anak muda di Aceh atas kejahatan seksual yang dialami oleh almarhumah Diana.

“Secara umum ini merupakan gerakan moral yang lahir karena kepedulian dan keresahan kami semua atas berbagai kasus kejahatan seksual pada anak yang akhir-akhir ini marak terjadi di Aceh,” katanya siang ini, Rabu, 10 April 2013.

Untuk acara ini kata Youlan, akan ada dua kegiatan yang digelar secara terpisah, pertama aksi teatrikal yang digelar di halaman Masjid Raya Banda Aceh pada Jumat siang. Aksi teatrikal ini akan melibatkan komunitas seni dan dibuat setelah salat Jumat.

“Ada aksi teatrikal berupa eksekusi secara simbolik tersangka pelaku pembunuh Diana. Nanti kedua pelakunya akan digantung di halaman Mesjid Raya tepat di tempat Jenderal Belanda ditembak oleh tentara Aceh pada masa dulu,” katanya.

Jenderal Belanda yang dimaksud Youlan adalah Kohler yang tewas di bawah pohon Geulumpang yang berada di halaman Masjid Raya Banda Aceh. Sedangkan kegiatan untuk Sabtu malam direncanakan dibuat di halaman Gedung DPR Aceh di Jalan Teungku Daud Beureuh Banda Aceh.

“Ada belasan komunitas yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, Insya Allah ini akan menjadi kampanye kita bersama demi terwujudkan perlindungan bagi anak-anak Aceh,” ujarnya.

Dengan adanya aksi ini diharapkan semua pihak sadar akan bahaya-bahaya yang mengancam anak-anak Aceh. Selain itu juga untuk mendorong pihak-pihak terkait untuk menindak tegas para pelaku kejahatan seksual pada anak.

Selain di Banda Aceh ada beberapa organisasi yang akan menggelar aksi serentak di beberapa daerah. Sampai hari ini kata Youlan yang sudah konfirmasi ada di Aceh Selatan, Bireuen dan Jogjakarta.[] ihn

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: