Andalan baru Ibukota Kami Punya: Gothic Black Fest 4

Menyusul suksesnya event metal fest Jakarta Keras, Event collective Ibukota Kami Punya akan menghelat konser keduanya tahun ini yang berjudul Gothic Black Fest 4 pada hari Minggu, 21 Mei 2017.

Edisi tahun ini menandai kembalinya event ini ke Bulungan, setelah dua even terdahulu diadakan masing-masing di Bumi Perkemahan Ragunan dan Bens Radio.

Tujuh belas band Gothic dan black metal dijadwalkan bermain di Bulungan Outdoor, Jakarta. Even ini akan mengetengahkan Moses Bandwidth, Getah, Drosophila dan Batu Nisan sebagai headliner.

Bagi pengunjung yang beruntung, bisa mendapatkan DVD anyar Anxiety Disorder secara gratis dari Drosophila di konser ini.

Band symphonic Gothic/death metal asal Indramayu Moses Bandwidth dikenal produktif dalam menelurkan karya. Tak kurang 9 full-length album, 3 album kompilasi, 2 EP dan 3 DVD sudah diterbitkan sejak 2005. Sepertinya band ini bisa disebut sebagai band terproduktif dalam sepuluh tahun terakhir ini

Didirikan dan dimotori oleh gitaris LaVey Junior tahun 2003, band ini sudah mengalami beberapa kali pergantian formasi sejak pertama berdiri. Formasi teranyar berisikan LaVey Junior (guitars), Yudi (bass), Ameth Hellwine (keyboards), Awak Anggara (drums), Deny (guitars) dan Nourma (vocals).

Veteran Goth rock/metal Indonesia Getah terkenal karena keflamboyanan para vokalisnya dan karya-karya yang ciamik, yang membantu mereka mendapatkan para penggemar setia. Getah didirikan sebagai sebuah supergroup tahun 1995 oleh mantan personil Rotor dan Bottom Up:  Marcel Marcive (bass), Jodie Gondokusumo (vocals), Reeve (drums) dan Boy Faisal (guitars).

Band ini nyaris bubar ketika Jodie meninggal tahun 2002. Vokalis Syc Minded Oddie Octaviadi menghidupkan kembali Getah ketika bergabung tahun 2005. Sekarang kelompok ini beranggotakan Oddie (vocals), Marcel Wetik (bass), Peter St. John (guitars, synthesizer), dan Alfa Putra (guitars).

Mereka telah merilis dua album Getah (1996) dan Release is Peace (2008).

Band veteran black/doom metal asal Yogyakarta Drosophila didirikan pada Desember 1997. Tak satu pun personil asli bertahan di formasi terkini.

Grup ini sudah merilis EP Frozen Inside (2007), album Blood Tears of Mother Nation (2011), dan DVD Anxiety Disorder (2016). Formasi terkini dihuni oleh Erly (bass), Safik (guitars), Inthan (vocals), dan Topaz (drums).

Band Gothic metal asal Comal, Pemalang Batu Nisan mengeluarkan album keren Cahaya Bidadari yang dirilis oleh Black Art Production 7 Maret 2013. Sejak berdiri pada tahun 2004, band ini sekarang beranggotakan Taufik (bass), Adam Kawur (drums), Ary Nisan (guitars), Eno Gondrong (guitars), Rury Rades (keyboards) dan Dyanti Maharani (vocals).

**

Serial gig Gothic Black Fest sebelumnya diadakan oleh Celepuk Entertainment dengan beberapa partner. Sekarang,  event management tersebut bergabung dengan Cilandak Familia dan Jagakarsa Metal Troops membentuk Ibukota Kita Punya.

Yoyo FOD dari Celepuk Entertainment dalam interview dengan www.Musik.or.id beberapa waktu yang lalu mengatakan ide di balik acara ini adalah untuk memberi panggung yang bisa menjadi wadah bagi band Gothic dan black metal di sekitar Jakarta untuk berekspresi.

Dia mengungkapkan edisi pertama diadakan bulan Mei 2014 di Bulungan Outdoor oleh Celepuk bersama OVD Production. Kerjasama ini berlanjut hingga Gothic Black Fest 2, setahun setelahnya. Kali ini mengambil tempat di Bumi Perkemahan Ragunan.

Celepuk bekerja sama dengan Jagakarsa Metal Troops untuk menyelenggarakan edisi ketiga bulan Mei 2016 di Bens Radio, Jakarta.

Yoyo menambahkan, Ibukota Kami Punya sebelumnya menjadwalkan penampilan sebuah band black metal dari Bali, yang mengawinkan unsur musik tradisional Bali dan musik black metal, serta menyertakan tarian tradisi Bali di konser-konsernya.

Tetapi kehadiran band tersebut terpaksa dibatalkan berhubung salah satu personil inti mengalami patah tulang di dalam sebuah kecelakaan lalu lintas.

MC metal kenamaan Agung Gele Yulianto akan memandu acara ini.

 

 LINE UP

  1. Moses Bandwith (Indramayu, Gothic metal)
  2. Misanthropic Imperium (Malang, black metal)
  3. Getah (Jakarta, Gothic metal)
  4. Drosophila (Jogjakarta, Gothic metal)
  5. Berzier (Kudus, black metal)
  6. Batu Nisan (Pemalang, Gothic metal)
  7. Astana (Majalengka, Gothic metal)
  8. Almarhum (Jakarta, black metal)
  9. Cultural (Semarang, Gothic metal)
  10. Crystal Dream (Jakarta, Gothic metal)
  11. Panyembahan (Jakarta, Gothic metal)
  12. Roh Sesat (Jakarta, black metal)
  13. Dark Onrust (Bogor, black metal)
  14. Rafflesium (Jakarta, black metal)
  15. Libris (Tegal, black metal)
  16. Criatura (Bogor, black metal)
  17. Mortuary (Jakarta, black metal)

Tiket pra-pesan dapat diperoleh di Klinik Bucek seharga 35 ribu rupiah, dan tiket on the spot dijual seharga 40 ribu perak.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat menghubungi nomor ini: 0858-1151-9581.

Even ini didukung oleh Celepuk Ent, Cilandak Familia, Jagakarsa Metal Troops, Gitar Plus, StageID, Bens Radio, sabigaju.com, Musik.or.id, MusicListForum, RockRadioLive, Undergroundsync, Mrtnsproduction, Klinik Bucek, GO Organizer, Cewek Metal, Jakarta Underground City, and Java Metalheads.

*****

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: