Rocker dan metalhead Surabaya bukber di Kopi Rocker 86

Read English article about this event here: Surabaya rockers and metalheads to hold iftar dinner at Kopi Rocker 86

Seperti Ramadhan sebelumnya, warung Kopi Rocker 86 mengadakan acara buka puasa bersama rocker dan metalhead Surabaya. Kali ini, tiga komunitas bersatu mengumpulkan 500 undangan. Mereka adalah Surabaya Community Pahlawan, Kopi Rocker 86, dan Rocklaw.

Buka puasa bersama yang diberi judul  Bukber 500 Musisi dan Metalheads akan diadakan pada hari Minggu ini, 18 Juni 2017 bertempat di Kopi Rocker 86, Jalan Kranggan nomor 86, di depan SMK 4 Surabaya.

Dalam sebuah diskusi baru-baru ini bersama lima perwakilan penyelenggara: Boni Arnanto, Qian, Dani Triyanto, Yans Mario dan Warti, kami mendapatkan info menarik mengenai kegiatan ini.

Warti menjelaskan buka puasa ini merupakan yang ketiga kalinya diadakan di warung Kopi Rocker 86. Bulan Puasa tahun lalu, resepsi ini dihadiri juga oleh 500 peserta.

Dia mengatakan sebelum Maghrib, kegiatan akan diisi dengan tausiyah dan doa bersama dari pukul 4 sore. Di saat yang sama, Surabaya Community Pahlawan akan membagikan takjil di Jalan Krangan.

Warti menambahkan mereka juga mengundang perwakilan dari komunitas musik lain, motor dan bonek.

Boni Artanto menjelaska tema tahun ini adalah “Bukber bareng dolor dolor metalhead”. Bukber merupakan kependekan dari buka bersama, dan dolor berarti saudara.

Dia mengatakan buka puasa bersama ini dimaksudkan untuk memperat tali silaturahmi di antara anggota komunitas sekaligus mencari pahala.

****

Kopi Rocker 86 adalah sebuah warung kopi kecil di Jalan Kranggan nomor 86, Surabaya. Awalnya dikenal sebagai Warung Jaya Accept, seperti nama pemiliknya, didirikan pada tahun 2002. Di sini merupakan tempat berkumpulnya rocker dan musisi metal Surabaya.

Pada tanggal 10 April 2015, di sebuah grup Facebook, para pelanggannya sepakat menggantikan nama warung tersebut menjadi Kopi Rocker 86. Nama terseut diusulkan oleh Yans Mario. Tanggal 10 April kemudian diperingati sebagai hari kelahirannya.

Kopi Rocker 86 telah mengadakan konser ulang tahun sebanyak dua kali. Konser tahun ini diadakan pada tanggal 9 April 2017 di Taman Remaja Surabaya, Jl. Kusuma Bangsa 112 – 114 (sebelah THR), Surabaya, menampilkan 12 band rock and metal terkenal di Surabaya dan sekitarnya, dan mengetengahkan mantan vokalis Boomerang Roy Jeconiah sebagai headliner.

Kopi Rocker 86 sudah merilis sebuah CD kompilasi pada 18 February yang lalu. Peluncuran album tersebut dilakukan di Hall Ijen Cafe, Jalan Arief Rahman Hakim 126, Surabaya menampilkan 26 band. Volume kedua dari CD kompilasi ini akan diluncurkan di akhir 2017.

RockLaw atau Rocker Lawas merupakan sebuah komunitas amal yang didirikan untuk membantu musisi gaek Surabaya yang sedang mengalami kesusahan. Didirikan pada tanggal 12 Mei 2009 oleh Kartika Asianto “Abah Dodon” Undoyoko dan rekan-rekan.

Komunitas ini kerap mengadakan kegiatan pengumpulan dana untuk menolong musisi yang sakit atau meninggal.

Dodon dan teman-teman juga mendirikan Surabaya Community Pahlawan, sebuah komunitas yang mengadakan kegitanan sosial dan gathering di Surabaya.

*****

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: