Eddie Van Halen blusukan ke sekolah

Eddie Van Halen di sekolah LA
Eddie Van Halen blusukan Photo: Lee Salem, guitarworld.com

Eddie Van Halen membuat kejutan dengan berkunjung di Sekolah K-12 James A Foshay Foshay Learning Center, bagian dari LA Unified School District, Los Angeles, Kamis, 5 Desember 2013.

27 pelajar dibawah bimbingan Music Director Vincent Womack tercengang ketika Eddie menceritakan betapa pentingnya musik di dalam hidupnya.

“Aku tidak dilahirkan sebagai seorang Eddie Van Halen yang langsung sukses atau terkenal,” katanya.”Butuh dedikasi selama bertahun-tahun, serta latihan,latihan dan latihan.”

“Bakat musik yang ada padamu, tidak bisa digoyahkan oleh orang lain.” Van Halen berkata kepada para murid.”Bukan  soal kaya atau miskin, musik sama sekali tidak memandang bulu. Jika kau mencintai atau menyukai musik, kejarlah karir di musik!”

“Musik membantu mengangkat harga dirimu. Musik memberiku identitas. Menjauhkan aku dari masalah, memberikanku tujuan dan gairah untuk menjadi lebih baik. Aku adalah contoh dari apa yang bisa musik berikan kepada seseorang. Apa yang terjadi padaku, bisa terjadi kepada kalian. Tidak ada yang tidak mungkin.”

Eddie dan Fender Musical Instrument Company menyumbangkan salah satu dari amplifier signature-nya EVH 5150 III kepada kelas. Eddie juga membagikan masing-masing pelajar dengan bingkisan yang berisi EVH pick,  strap, kabel, string dan gantungan kunci Frankenstein.

Setelah ikutan mendapatkan bingkisan, Mr Womak berkata,”Aku sangat bersyukur karena kau telah memberi inspirasi dan membangkitkan harapan anak-anak. Kami tidak akan pernah melupakannya.”

Tahun lalu, Van Halen menyumbang 75 buah gitar listrik koleksinya kepada Mr. Holland’s Opus Foundation, yang kemudian membagikannya kepada 9 sekolah di sekitar Los Angeles County. Salah satu dari penerima gitar tersebut, seorang pelajar bernama Jose, berada di kelas di saat Eddie datang, ikut menerima pelajaran “Ain’t Talkin’ ‘Bout Love” langsung dari Eddie Van Halen.

Source: guitarworld.com

 

GLOSSARY

  • Sekolah K-12 = Sekolah yang kelasnya dimulai dari K (Kindegarten=taman kanak-kanak) hingga kelas 12 (SMA).
  • LA Unified School District = Lembaga payung untuk sekolah-sekolah di Los Angeles, dengan anggota 1124 buah sekolah, 45,473  orang guru, dan 694,288 orang pelajar (data 2008, source Wikipedia). 
  • The Mr. Holland’s Opus Foundation = Yayasan yang didirikan oleh almarhum komposer Michael Kamen yang fokus dalam memberikan bantuan kepada sekolah-sekolah yang mempunyai kelas musik tetapi miskin fasilitas.
  • Ain’t Talkin’ ‘Bout Love = Lagu ciptaan Eddie Van Halen dan David Lee Roth yang berasal dari album pertama VAN HALEN (1978).
  • EVH 5150 III = amplifier yang didesain oleh Eddie Van Halen. Awalnya bernama Peavey 5150 (1992) hingga Eddie cabut dari Peavey (2004). Eddie kemudian bekerja sama dengan Fender membuat ampli dengan merknya sendiri EVH.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: