Event: RAPAI TUHA FESTIVAL II

Ilustrasi, Source: Kompas
Ilustrasi, Source: Kompas

Gelaran kedua Rapai Tuha Festival diadakan pada tanggal 30 dan 31 Agustus 2013,  di Lapangan Bola Kaki Lam Reung Ulee Kareng-Banda Aceh, terbuka untuk umum dan gratis.

Festival yang akan memperlombakan kemahiran memainkan alat musik perkusi khas Aceh ini akan memberi hadiah pembinaan sebesar 10 juta rupiah untuk Juara Pertama, lima juta rupiah untuk Juara Kedua, dan 3 juta rupiah untuk Juara III.

Dikutip dari wawancara dengan aceharts.com, panitia Yusairi mengatakan pihak mereka sama sekali tidak mendapatkan dukungan finansial apapun dari Disbudpar Aceh Besar. Yusairi mengaku sangat kecewa dengan hal ini, karena dia merasa pemerintah khususnya Disbudpar Aceh seharusnya bertanggung jawab penuh atas keberadaan kesenian tradisi di Aceh ini.

“Langkah kami tidak terhenti disini, masih  ada pihak-pihak lainnya yang membantu. Setelah perjalanan panjang akhirnya Bank Aceh dan Disbudpar kota Banda Aceh memberikan donasinya untuk membantu kegiatan ini.

“Jangan nanti waktu orang udah ambil, baru kita sibuk.”

Sebuah percakapan imajiner antara tokoh Apa Kaoy, Polem, Si Agam dan Da Buleuen kami cuplik dari akun Facebook seniman Seni Tutur terkenal Aceh, M.Y Bombang:

APA KAOY: Insya Allah malam ini (30/8) dan malam besok (31/8) di Lapangan Bola Kaki Lam Reung Ulee Kareng-Banda Aceh akan berlangsung acara Rapai Tuha Festival II 2013. Ayo rakan-syedara warga kota Banda Aceh dan sekitarnya kita ramaikan itu acara.

POLEM: Apa Kaoy sebagai MC juga akan memberi selingan Hiem untuk para penonton di sela-sela berlangsungnya festival rapai.

APA KAOY: Selain itu juga ada selingan2 lainya, diantanya ada banyak tarian dan top daboh. Tidak ketinggalan Polem dan Da Buleun akan berjualan kacang dan jagung rebus di tempat acara itu. Hahaha…

SI AGAM: Lon jak cit, keumeung jaweub hiem Apa Kaoy. Peu hadiah meunyo jeut jaweub hiem droeneuh, Apa Kaoy?

APA KAOY: Bukan hanya kamu, Gam. Siapa saja penonton nyang bisa menjawab Hiem Apa Kaoy akan mendapat hadiah seokor ayam nyang disediakan oleh Panitia.

DA BULEUN: Meunyo hadiah hiem saboh manok lon meuheut cit keumeung jaweub hiem. Lon meupakat jak bandum ureung gampong. Na payah bloe ticket teuma nonton acara nyan? Meunyo ramee peunonton get lagot kacang lon.

POLEM: Hai ma si gam. Peu hana ta deungo sabe ji umumkan bak radio bahwa itu acara gratis untuk masyarakat, tidak jual ticket. Tak usah ragu, kacang gata adak hana ramee peunonton teutap lagot.

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: