Fakta-fakta Menyesatkan Mengenai Gibson Guitar

gibson logo

Banyak hal tentang Gibson yang selama ini diyakini kebenarannya, ternyata … salah! Berikut fakta-fakta yang dibantah oleh Gibson Guitar Corp sendiri:

SALAH: Orville Gibson yang mendirikan perusahaan Gibson tahun 1894

Yang benar adalah pada tahun itu Orville Gibson menciptakan instrumen pertamanya yaitu sebuah mandolin. Perusahaan pembuat alat musik ”The Gibson Mandolin-Guitar Mfg. Co., Ltd.” (sekarang Gibson Guitar Corp) didirikan pada tahun 1902 oleh 5 orang saudagar dari kota Kalamazoo karena tertarik dengan prospek Mandolin buatan Orville Gibson. Orville sendiri diberi sedikit saham yang kemudian dijualnya kembali. Orville tidak pernah menjadi kongsi di perusahaan tersebut.

SALAH: Gibson menciptakan gitar listrik pertama

Yang benar adalah perusahaan pembuat alat musik RICKENBACKER yang memperkenalkan gitar listrik unutk pertama kali pada tahun 1932. Gibson sendiri memperkenal gitar listrik buatannya pertama kali pada tahun 1935, dan kemudian menjadi pemain besar yang mendominasi pasar instrumen elektrik.

SALAH:

  • Les Paul menemukan gitar listrik.
  • Les Paul yang menemukan gitar solidbody pertama.
  • Gibson Les Paul adalah gitar listrik solidbody pertama.

Yang benar adalah Les Paul termasuk salah satu pemain yang mula-mula menggunakan gitar elektrik di tahun 30-an. Perusahaan pembuat alat musik The SLINGERLAND (sekarang dimiliki Gibson) yang menemukan gitar solidbody pertama pada tahun 1938.
Les Paul membuat gitar elektrik solidbody pertamanya pada tahun 1941 (dinamakan the Log). Fender adalah yang pertama sukses memperkenalkan gitar solidbody yang laris manis di tahun 1950. The Gibson Les Paul Model diperkenalkan pada tahun 1952, merupakan gitar solidbody pertama Gibson.

Baca juga:

Sejarah Gibson Guitar Corp. – Bagian Pertama

Sejarah Gibson Guitar Corp. – Bagian Kedua

Facebook Comments

One thought on “Fakta-fakta Menyesatkan Mengenai Gibson Guitar

Leave a Reply

%d bloggers like this: