Festival Metalcore terbesar di Jawa Tengah hadir kembali di Soerakarta

Daerah bekas Karesidenan Soerakarta ternyata tidak hanya terkenal karena memiliki salah satu festival metal dan rock terbesar di Indonesia, Rock in Solo. Daerah ini juga memiliki event khusus metalcore yang tak kalah kerennya: Soerakarta Metalcore Festival, yang sekarang merupakan even metalcore terbesar dan yang sangat dinanti-nanti di Jawa Tengah. SKMCFest juga merupakan salah satu even metalcore yang sangat disegani di Indonesia.

Tahun ini, Soerakarta Metalcore Festival kembali diadakan untuk kelima kalinya secara berturut-turut. Penggemar aliran musik metalcore harus memberi kredit lebih bagi penyelenggara acara SKMC Movement, yang selama beberapa tahun belakangan berjuang mengadakan even ini secara rutin tanpa kehadiran sponsor kakap. Sekarang, festival ini semakin dikenal dan berkembang.

Read English article about this event here: Soerakarta Metalcore Festival 2017 returns as the biggest of its kind in Central Java

Soerakarta Metalcore Festival 2017 akan berlagsung pada hari Minggu, 30 Juli 2017 di tempat yang paling sempurna bagi penggemar musik metalcore Solo: THR Sriwedari. Sekitar tujuh belas band metalcore keren dari seluruh Pulau Jawa dan Bali dijadwalkan akan bermain di sini.

Read article about the festival roster here: Soerakarta Metalcore Festival 2017 Lineup 

Juru bicara festival ini M. Reza Alfa Septian dalam wawancaranya dengan Musik.or.id mengatakan SKMCFEST diselenggarakan pertama kali pada tahun 2013, di Hall Taman Balekambang Surakarta.

Reza yang dikenal dengan nama panggilan Kunchung mengatakan festival ini bertujuan untuk memotivasi musisi metalcore agar tetap produktif dan aktif. Dia menambahkan ide mengenai festival ini datang darinya, ketika dia pindah ke Jakarta untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Politeknik Manufacturing Astra, dan mendirikan sebuah komunitas dunia maya yang diberi nama Indonesian Metalcore.

Komunitas dunia maya ini ternyata mendapat tanggapan yang baik dari musisi, media dan beberapa komunitas metal lainnya. Dia lalu menjadikannya sebagai komunitas regional yang mengumpulkan info-info mengenai band dan even, lalu menyebarkannya kembali.

Dia mengungkapkan SKMCFEST Movement didirikannya di tahun 2010. Pergerakan ini sudah menyelenggarakan beberapa even seperti festival tahunan SKMCFEST sejak 2013, Trough Our Struggle (2015), Radio Show Road to SKMCFEST 2016, dan Solo Metal Fest (2016).

Reza Khuncung dulunya bermain di band metalcore Story in Fast. Band ini sekarang vakum setelah merilis album full-length perdana  di tahun 2015. Reza sekarang menjadi manager band metalcore asal Solo Salahuddin Al Ayubi.

 

LINE UP

FAT IN DIET  (Ungaran)
FEAR CRISIS  (Jakarta)
SABRA CADABRA (Yogyakarta)
SALAHUDIN AL AYUBI  (Solo)
NEUROBIAN (Banten)  
DEAD FAINT (Pasuruan)
HYPHOTENUSA (Semarang)
MINATORY (Bali)
INNOCENT VOICE (Kudus)
BRIGHT SIDE TO KILL (Solo)
LOST OF FEARS (Blitar)  
RECYCLE (Yogyakarta)
TERMITE (Karang Anyar)  
ALLARYCE (Solo)
ISRAPHAEL (Solo)
VIERCELLA  (Sragen)
PEOPLE FROM THE PAST (Solo)

 

Even ini didukung oleh Metaleader Store, Nero Music Studio, The City of Surakarta, THR Sriwedari Solo, All Communities in Greater Solo, Indonesian Metalcore Band, SoloRadio SmashYourAss, Belukar, Jackhammer, SG Boga, Copa Copy, Orthus, Forinstinc, Insanity & GeniusMerch, Warrior Pride, Couster, Sinkink Pride, Rown Dvsn, Badsiner, Patch Off, Distroyer, Kit Walker, Daxos, Syafina Chicken’z, and DimeSide Hardcase.

Facebook Comments

One thought on “Festival Metalcore terbesar di Jawa Tengah hadir kembali di Soerakarta

Leave a Reply

%d bloggers like this: