Gondang Metal Fest 2017: Fight Against Radicalism

Komunitas underground asal Sragen Ujung Timur Corpse Grinder akan mengadakan kembali serial even andalannya Gondang Metal Fest untuk yang ke-enam kalinya pada tahun ini. Festival metal ini semakin hari semakin besar, yang menyebakan harus terus berpindah dari panggung kecil di daerah asalnya di Kecamatan Gondang, ke venue yang lebih besar di Gedung Sasana Manggala, di Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Gondang Metal Fest 2017 dijdwalkan akan berlangsung pada hari Minggu, 23 Juli 2017.

Ada dua puluh tiga band metal yang diharapkan tampil di acara ini dari pukul 10 pagi hingga pukul 10 malam, mengetengahkan legenda death metal Jasad sebagai headliner.

Tema yang dipilih untuk tahun ini adalah “Fight Against Radicalism”.

Read English article about this show here: Jasad to campaign “Fight Against Radicalism” at Gondang Metal Fest 2017 

Jasad akan tampil bersama drummer baru mereka Oki Fadhlan (juga bermain bersama Stigmatuary) yang menggantikan Abas awal tahun ini. Mantan penggebuk drum Abas sempat menjadi pemain kunci di dalam album terakhir Jasad yang berjudul Rebirth of Jatisunda, dirilis tahun 2013 oleh Extreme Souls Production. Abas berpisah dengan Jasad bulan Juli tahun lalu setelah bersama selama lima tahun.

Spekulasi merebak saat Abas keluar. Drummer metal veteran Abah Andris, yang baru saja cabut dari Burgerkill digosipkan akan bergabung dengan Jasad. Tetapi rumor tersebut dipatahkan dengan pengumuman yang dilakukan di Facebook band tersebut mengenai line up baru, pada tanggal 26 Januari 2017, dengan Oki sebagai drummer baru mereka.

Jasad sudah malang melintang selama 27 tahun dan sukses dengan 3 album keren Witness of Perfect Torture(2001), Annihilate the Enemy (2005), dan Rebirth of Jatisunda (2013); serta EP C’est la vie (1996)

Formasi terakhir terdiri dari Man (vocals), Yuli (bass), Ferly (guitars), Reduan (guitars), dan Oky (drums).

Nominasi Hammersonic Soul of Steel Award tahun ini untuk pendatang baru terbaik, Paranoid Despire akan memainkan sejumlah lagu mereka yang cukup gelap, yang dicuplik dari album debut keren Nebulous, dirilis oleh Hitam Kelam Records pada tanggal 17 September 2016.

Band death metal asal Surakarta tersebut didirikan pada tahun 2010 sebagai Used in Latter, dan kemudian berganti nama dengan mengambil nama yang dipakainya sekarang. Line up teranyar Paranoid Despire terdiri dari Faizal Anas Luh (bass), Andrian Kokom (vocals), Yoga Noor Pratama (drums), dan Wahyu Alfian (guitars).

*****

Ilham “Konyil” Reski Satriawan dari Ujung Timur Corpse Grinder berbicara dengan www.Musik.or.id mengenai konser dan komunitasnya tersebut. Dia mengungkapkan komunitas ini didirikan pada tahun 2012, bertujuan mempromosikan sub-kultur underground ke daerah pinggiran. Mereka berjuang keras untuk bisa mempertahankan even andalan tahunan mereka Gondang Metal Fest.

Alumnus ISI Jogja dan ISI Surakarta ini merupakan drummer live bagi band death metal asal Solo, Osiris Troopz.

Serial event Gondang Metal Fest mulai diadakan pada tahun 2013, ketika dihelat untuk pertama kali di Lapangan Futsal Kayla, Gondang pada tanggal 9 Juni 2013, dengan memakai tema “Resureksi Rekam Jejak”. Edisi kedua diadakan tiga bulan kemudian di tempat yang sama pada tanggal 22 September 2013.

SiksakubuR menjadi raksasa pertama yang menjadi headliner di acara ini, yang bermain di jilid ketiga pada tanggal 3 Agustus 2014. Ini adalah kali terakhir Gondang Metal Fest diadakan di Lapangan Futsal Kayla. Tahun itu even ini mengusung tema “Sub Culture Underground 2014”.

Ujung Timur Corpse Grinder memindahkan Gondang Metal Fest 2015 ke tempat yang lebih besar di Gedung Olah Raga dan Kesenian Gondang. Edisi keempat tersebt diadakan pada tanggal 26 Juli 2015 dengan tema “Passion and No Attitude”.

Terakhir, GMF kelima diselenggarakan pada tanggal 24 Juli tahun lalu di tempat yang sama dengan edisi keempat. Kali ini mengambil tema “Metal Transendental Moshpit” .

 

LINE UP

Jasad (Bandung)
Paranoid Despire (Surakarta)
Bandoso (Surakarta)
Nocturnal Kudeta (Yogyakarta)
Imperforata (Madiun)
Infected Soul (Surakarta)
Rawhide (Surakarta)
Inarifox (Surakarta)
Klandestin (Magelang)
Anthropophagus Depravity (Yogyakarta)
Guilty Soul (Surakarta)
Inflamation (Surakarta)
Jeruji Besi (Surakarta)
Destruction Moral (Surakarta)
Vircella (Surakarta)
Fans Of Freedom (Surakarta)
Between The Whisper (Surakarta)
Killed For Revenge (Surakarta)
Alice Awakening (Surakarta)
Descropse (Surakarta)
Psychopathic (Surakarta)
Syndrome (Surakarta)
Condromowo (Surakarta)

Tiket dijual seharga 35 ribu perak. Untuk info lebih lengkap mengenai even ini, penyelenggara dapat dihubungi di nomor 08565340145.

Even ini didukung oleh Super Music ID, Ngawi Barat Society, Ngawi Corpse Grinder, Sragen Rock Generation, Belukar, Orthus, Ahola, Star Ramen, Rumah Kopi, Aaw Sablon, ALF distro, Bengkel Bowo, Dragon Baber Shop, Elzo Cafe, Fire Fucker, Kapital, Kimochi, Origin Solo, Bronson Empire, Ketonggo Fans Wear, Nimco, Wong Bet, Monkey Scholl, Olswan Baber Shop, Omah Kulon Sablon, Queen Milk, Roy Baber Shop, Sammy Cat Studio, UD Aneka Sandal, Silang Sablon, Aris Car Wash, One Dream Cloth, Wedangan Suryo, Warung Koe, Mana Hadap, Peri Pherry, Gupek Pejalan, Suradi Care, Warior Pride, Franner, Hype Baber Shop, Sure, Arkais, Yadi Motor, Hello Fake Store, Moksha Art Wear, and Magnum PS.

*****

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: