Guitar Legend: Stevie Ray Vaughan

srv-2
Oleh: Syvan Muliansyah Putra | dari Sportasik.com Senin, 23 Juli 2012 13:18 WIB |

Stevie Ray Vaughan (1954 – 1990) adalah seorang gitaris yang berjasa didalam kebangkitan kembali musik blues di awal 80-an, setelah sempat tenggelam dengan kemunculan musik-musik seperti Hard Rock dan Punk. SRV – demikian dia sering disebut – dianggap sebagai gitaris yang menjembatani gap antara blues dan rock.

Terlahir sebagai Stephen Ray Vaughan, di Dallas, Texas pada tanggal  3 Oktober 1954. Mulai bermain gitar di usia 7 tahun. SRV kecil mulai belajar gitar dari abangnya yang juga seorang gitaris, Jimmie Vaughan. Berbagai permainan coba ditirunya dari piringan hitam yang dibawa abangnya. Mulai Buddy Guy hingga Buddy King. Di Tahun 1963, dia membeli rekaman Lonny Mack yang berjudul Wham! yang ternyata kemudian memberikan pengaruh sangat besar dalam permainan gitar SRV.

“Dia bermain dengan ganas, picking yang kencang, teknik-teknik whammy bar, kemudian dia memainkan lagu balada, yang kedengarannya seperti campuran antara gospel dan blues yang indah sekaligus mengerikan. Lonny Mack mengajarkan aku bagaimana bermain gitar dengan hati,” ungkap SRV mengenai Lonny Mack.

SRV juga menggemari Jimi Hendrix, yang juga memberikan pengaruh besar dalam style permainannya.

“Banyak alasan kenapa aku menyukai Hendrix. Dia lebih dari sekedar seorang gitaris blues – Dia memainkan dengan sangat baik semua jenis gitar yang dia inginkan. Sebenarnya aku tidak yakin yang dia mainkan itu gitar, yang dimainkannya adalah MUSIK.”

Di usia 10 tahun SRV mulai bergabung didalam band. Dia terus bermain hingga mengganggu aktifitas sekolahnya. Tahun 1970 bersama Cast of Thousands dia merekan 2 lagu untuk sebuah album kompilasi. Album ini dipasarkan secara indie oleh masing-masing personilnya di seputaran Dallas saja.

Kemudian SRV membentuk band Blackbird dan secara teratur bermain di klub malam The Cellar Dallas. SRV berpendapat mengenai klub tersebut: “Satu-satunya tempat yang membiarkan aku bermain sesuka hatiku, karena disitu penontonnya tidak terlalu peduli.” Kemudian dia menceritakan mengenai suasana yang betul-betul Texas di klub itu: “Kadang-kadang ada orang yang marah-marah dan mengamuk dengan menembakkan pistol dari atas pentas. Kau harus tiarap tapi juga harus terus bermain. Aku bermain disana dari usia 14 hingga 18 tahun.”

Tahun 1972 SRV bergabung dengan Marc Benno and the Nightcrawlers. Mereka di kontrak oleh A&M Records dan mulai merekam album mereka di Sunset Sound Recorders Hollywood. SRV ikut mengarang 2 lagu untuk album tersebut masing-masing berjudul “Crawling” dan “Dirty Pool”. Salah satu pendiri A&M Records Jerry Moss mengusulkan untuk memasukkan unsur horn didalam album ini. Tapi Benno menolak. Hasilnya album tersebut disimpan di lemari dan tidak pernah dikeluarkan. Dikemudian hari tepatnya 2006 album tersebut dirilis oleh Blue Skunk Music.

Mereka kembali ke Texas tanpa Benno. SRV pun bermain di beberpa band setelah itu. Hingga membentuk sebuah trio bernama Double Trouble di tahun 1978. Awalnya terjadi banyak penggantian personil hingga akhirnya Stevie Ray Vaughan & Double Troble beranggotakan SRV (gitar/vokal), Tommy Shannon (bass) dan Chris Clayton (drum).

Tahun 1983, Stevie Ray Vaughan mengisi gitar di album terlaris David Bowie “Let’s Dance”. Album ini dipuji karena mengawinkan musik dance dengan gitar blues. Bowie mengajak SRV untuk ikut bermain dengannya di David Bowie Serious Moonlight Tour. SRV menolak. Nama SRV and Double Trouble pun mulai dikenal. Tahun itu juga, Epic Records mengikat kontrak dengan mereka. Album pertama mereka Texas Flood di rilis dan singel “Pride and Joy”, Love Struck Baby”, dan “Mary Had a Little Lamb” mendapat perhatian yang besar dari kritisi dan penggemar.

Texas Flood mendapat nominasi Grammy Award tahun 1984 untuk kategori Best Traditional Blues Recording. “Rude Mood” dinominasikan untuk kategori Best Rock Instrumental Performance. Namun tidak berhasil memenangkan satu pun award. Selama hidup dan setelah meninggal, SRV mendapat 12 nominasi grammy dan memenangkan 6 diantaranya.

Album SRV dan Double Trouble berikutnya adalah Couldn’t Stand the Weather tahun 1984. Berikut list lengkap album SRV and Double Trouble:

  • Texas Flood (1983)
  • Couldn’t Stand the Weather (1984)
  • Soul to Soul (1985)
  • Live Alive (1986)
  • In Step (1989)
  • Family Style (with Jimmie Vaughan) (1990), produced by Nile Rodgers

Album Post-humous:

  • The Sky Is Crying (1991)
  • In the Beginning (1992)
  • Greatest Hits (1995)
  • Live at Carnegie Hall (1997)
  • The Real Deal: Greatest Hits Volume 2 (1999)
  • In Session (with Albert King) (1999)
  • Blues at Sunrise (2000)
  • SRV: Box Set (2000)
  • Live at Montreux 1982 & 1985 (2001)
  • The Essential Stevie Ray Vaughan and Double Trouble (2002)
  • Martin Scorsese Presents the Blues: Stevie Ray Vaughan (2003)
  • The Real Deal: Greatest Hits Volume 1 (2006)
  • Solos, Sessions & Encores (2007)
  • Couldn’t Stand the Weather (Legacy Edition) (2010)

Ditengah kepopulerannya yang terus meningkat, SRV mulai terlibat dalam penyalahgunaan obat-obatan. Dia kecanduan alkohol dan kokain parah. Pernah hampir tewas tapi segera dirumahsakitkan, SRV pun ikut rehabilitasi  dan Double Trouble vakum.

Keluar dari rehab, di tahun 1987 SRV and Double Trouble pun kembali ke panggung dan rekaman. SRV menjalankan hidup yang sehat, bahkan dia berhenti merokok.

Tanggal 26 Agustus 1990 SRV and Double Trouble menjadi band pembuka konser Eric Clapton di Wisconsin. Konser tersebut memang sangat fantastis karena ada sesi Jam Session yang diikuti Eric Clapton, SRV, Robert Cray, Buddy Guy, dan Jimmie Vaughan.

Keesokan harinya, tanggal 27 Agustus 1990, didalam perjalanan menuju Chicago, helikopter yang ditumpangi SRV menabrak bukit. Pilot dan keempat penumpangnya tewas seketika. Dunia musik pun berduka atas kematian SRV di usia 35 tahun.

Pemakaman SRV di Dallas tanggal 31 Agustus 1990 dihadiri oleh banyak musisi. Diantaranya Stevie Wonder, Buddy Guy, Dr. John, ZZ Top, Eric Clapton, Bonnie Raitt, Jackson Browne dan Nile Rodgers.

Banyak gitaris dunia menyebut SRV sebagai sumber inspirasi. Antara lain: John Mayer, Kenny Wayne Shepherd, Mike McCready, Albert Cummings, Joe Bonamassa, Robert Randolph, Kenny Wayne Shepherd, Mark Tremonti, Chris Duarte, Colin James, Los Lonely Boys, Eric Johnson, Orianthi, John Petrucci, and Doyle Bramhall II.

Untuk pembaca yang ingin mendalami permainan gitar SRV, penulis sarankan membeli dan mendengar album SRV – Live Alive di tahun 1986. Why? karena album ini direkam dari konser mereka, sehingga kita dapat mendengar permainan SRV secara live.

Source: dari berbagai sumber

Facebook Comments

5 thoughts on “Guitar Legend: Stevie Ray Vaughan

Leave a Reply

%d bloggers like this: