“High Five” – Free Online Course – Walking Bassline – P 01 06

Moritza p106

By: @MoritzaThaher | Source: moritzathaher.wordpress.com |

Hi Bass player,

Nada ke 5 sebagai nada fundamental alternatif selain root ternyata bisa ditransformasi menjadi “approach note” dengan menggunakan teknik berikut ini.

HAPPY LEARNING…

 

[Link untuk download PDF ada pada baris paling bawah]

“Interval 5 – Normal dan Inversi-nya”

Interval 5 (perfect 5, diminished 5 dan augmented 5) ada yang pitch-nya lebih tinggi dan ada yang lebih rendah dari nada pertamanya/root.

Sebagai contoh, interval 5 yang jaraknya 3 ½ langkah di atas nada pertama/root (lebih tinggi dari nada pertamanya) kita sebut sebagai perfect 5 (P5) normal.

Sedangkan interval 5 yang berjarak 2 ½ langkah di bawah nada pertama/root (lebih rendah dari nada pertamanya) kita sebut sebagai perfect 5 (P5) inversi.

Interval 5 lainnya juga menerapkan prinsip yang sama:

  • diminished 5: (normal) naik 3 langkah, (inversi) turun 3 langkah
  • augmented 5: (normal) naik 4 langkah, (inversi) turun 2 langkah
PETUNJUK:

semua interval normal jika dijumlahkan dengan inversi-nya maka hasilnyasama dengan 6,

  • perfect 5: (normal) naik 3 ½ langkah, (inversi) turun 2 ½ langkah
    –> (3 ½ + 2 ½ = 6)
  • diminished 5: (normal) naik 3 langkah, (inversi) turun 3 langkah
    –> (3 + 3 = 6)
  • augmented 5: (normal) naik 4 langkah, (inversi) turun 2 langkah
    –> ( 4 + 2 = 6)
Kode analisis untuk interval 5 pada pelajaran ini:
  • Jika hanya ditulis 5 bisa berarti perfect 5, augmented 5 dan diminished 5, baik yang normal maupun inversi,
  • Jika ditulis 5n berarti interval 5 yang lebih tinggi dari nada dasarnya (normal),
  • Jika ditulis 5i berarti interval 5 yang lebih rendah dari nada dasarnya (inversi).

“Nada ke-5 sebagai Approach Note”

Jika sebelumnya nada ke 5 berlaku sebagai salah satu pilar untuk chord yang ditopanginya, maka pada pelajaran ini nada ke 5 akan akan kita fungsikan pula sebagai “approach note” atau nada sisipan sebelum chord tujuan, INGAT sebelum chord tujuan.

Nada kelima milik siapa?
Pada bass line diatas karena yang menjadi chord tujuan adalah F7, maka kita memakai nada kelima milik chord F7 tersebut (not C).

Mengapa not C tersebut dikatakan berfungsi sebagai approach note terhadap not F setelahnya?
Ayo cari tahu 2 jawabannya:

1. ____________________________________________________

2. ____________________________________________________

Perhatikan juga nada F (di bar pertama) yang berfungsi sebagai P5 fundamental untuk chord Bb7

SAMPAI BERJUMPA MINGGU DEPAN…

“High Five”

P 01 06 - L 01 - High Five

Jika anda ingin berbincang-bincang tentang topik ini silakan menghubungi saya secara langsung.

Moritza Thaher/Sekolah Musik Moritza
Jln. Residen Danubroto No. 11–C, Geuceu Kayee Jatoe, Banda Aceh, Call/SMS: 0823.6110.6260

Kunjungi juga:
moritzathaher.wordpress.com
soundcloud.com/moritza-thaher
twitter.com/MoritzaThaher
facebook.com/moritza.thaher
* facebook.com/SekolahMusikMoritza

 

[Download PDF disini]

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: