Jenis-jenis Stik Drum – Bagian 2

complete-westendmusic.co.uk

by: Ade Kushendra  | Drummer Audio Jahad |

Setelah membahas arti kode, anatomi dan jenis kayu yang biasa digunakan untuk stik drum pada artikel  Jenis-jenis Stik Drum – Bagian 1,  maka penulis akan melanjutkan tulisan bagian kedua sebagai berikut:

Jenis-jenis Tip pada Stik Drum

Jenis Tip Stick-drumTip atau kepala pada stik drum sangat berpengaruh di dalam menghasilkan efek suara yang dibutuhkan seorang drummer, terutama ketika memainkannya di ride cymbal, hi-hat dan snare.

Ada beberapa jenis tip:

1. Acorn Tip

Menghasilkan suara yang keras dan tebal, dengan respon yang baik, seimbang dan cocok untuk musik jenis Rock.

2. Oval Tip

Menghasilkan suara yang warm, dengan bounce yang baik, dan mempunyai tone yang lembut dan ringan.

3. Barrel Tip

Tip berbentuk barrel menghasilkan suara yang lebar. Cocok untuk rekaman di dalam ruang studio.

4. Nylon Tip

Nylon menghasilkan suara yang lebih jernih dan garing. Nylon lebih awet dibandingkan dengan wood tip. Kelemahannya nylon tip sering lepas dan suara yang dihasilkan tidak cocok untuk rock drumming. Stik jenis ini cocok dimainkan untuk drum elektrik, dan musik-musik seperti pop dan jazz.

 2. Brush 

regal tips brush 2

Brush adalah jenis pemukul/stik yang terbuat dari sekumpulan bristles (kawat atau lidi yang terbuat dari baja, plastik  ataupun material lainnya). Brush umumnya “disatukan” dengan dilem atau dipatri, dan diikat di sebuah pegangan yang terbuat dari kayu, plastik ataupun karet. Jenis-jenis brush banyak sekali dan berbeda ukuran, bahan, dan finishing antara satu merek dengan merek yang lainnya. Contoh Pabrikan stik Vic Firth memberi nama brush yang terbuat dari bahan plastik dengan nama Rake. Vic Firth juga punya mempunyai brush dengan kawat yang dipilin atau dikepang yang diberi nama Dreadlocks (gimbal).

regal tips brush

Berdasarkan cara penyimpanannya, Brush terdiri dari 2 jenis: retractable dan nonretractable. Retractable maksudnya adalah bristles diikat dengan sebuah tulang/kawat baja yang bisa ditarik keluar masuk dari pegangannya. Tujuannya adalah untuk keamanan bristles — ketika brush tidak dipakai, bristles aman di dalam handle/pegangan. Tulang baja tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan efek “bright” ketika digunakan memukul cymbal.

3. Rute

Berasal dari bahasa Jerman, Rute (baca Rut-the ) atau rod/multi-rod adalah jenis stik drum yang merupakan kumpulan batang-batang (rod) kecil yang disusun dan diikat sehingga menjadi satu kesatuan. Rute umumnya terbuat dari bambu dan diikat di sebuah gagang yang terbuat dari plastik atau karet.

rute-westendmusic

Rute atau Rod Stick mempunyai level suara di antara stick dan brush. Penggunaan rute sangat digemari untuk kebutuhan-kebutuhan seperti disaat diperlukannya stik yang tidak menghasil suara sekeras dan sepadat stik drum biasa, tetapi memerlukan volume level yang lebih besar dibandingkan suara yang dihasilkan oleh brush. Pada sebuah rute biasanya dipasangkan  satu atau dua gelang untuk mengontrol “kepadatan” pukulan. Agar semakin padat suara yang dihasilkan, gelang tersebut digeser ke arah ujung rute. Gelang tersebut umunya terbuar dari karet.

Rute tercatat sudah digunakan di Eropa pada abad ke 17 Masehi yaitu di dalam opera Die Entführung aus dem Serail, K. 384 (1782)  yang merupakan komposisi si jenius Wolfgang Amadeus Mozart. Setting opera tersebut adalah di Turki, dan Mozart memasukkan unsur musik Turki di dalamnya. Ini artinya, sebelum era Mozart, stick drum jenis Rute sudah ada di Turki.

Adalah Pro-Mark, pabrikan stik terkenal Amerika memperkenalkan kembali dan mempopulerkan kembali rute di tahun 80-an yang kemudian digunakan di perangkat drum modern. Rute yang dibuat oleh Pro-Mark diberi nama Hot Rod dengan 19 batang irisan bambu kecil.  Jejak Pro-Mark kemudian diikuti pabrikan stik terkenal lainnya.

4. Mallet

mallet

Dahulu, sebutan untuk stik drum adalah mallet. Mallet adalah sejenis pemukul yang mempunyai kepala yang besar (seperti palu). Ada 3 macam mallet:

  • Unwrapped mallets, digunakan untuk perkusi bernada seperti  glockenspiel dan xylophone , kepalanya terbuat dari kuningan, karet, nylon, akrilikm kayu dan lain-lain.
  • Wrapped mallets, digunakan pada perkusi bernada seperti  marimba, vibraphone dan instrumen lainnya yang key-nya lembut. Kepalanya terbuat dari  kelon, karet, nylon, akrilik  dan lain-lain dengan dibungkus material lain seperti  benang, tali atau lateks. Wrapped mallets juga pilihan di dalam memainkan suspended cymbal.
  • Felt mallets or cartwheel mallets atau timpani mallet adalah jenis mallet yang kepalanya dibungkus dengan semacam kain flanel. Digunakan untuk perkusi tidak bernada. Dalam drum kit modern, stick jenis ini  terutama digunakan untuk roll di floor tom atau cymbal roll.

Batang mallet umumnya dibuat dari kayu birch, rotan dan material sintetis seperti fiberglass.

Sekian, dan semoga bermanfaat.

(DBS)

Facebook Comments

3 thoughts on “Jenis-jenis Stik Drum – Bagian 2

Leave a Reply

%d bloggers like this: