Kekurangan bukan alasan untuk menyerah! Hari Penyandang Disabilitas Dunia 2013

Disability Day 2013

 Keterangan gambar: Atas, kirka – Django Reinhardt, Ray Charles, Rick Allen
Bawah, kirka – Andrea Bocelli, Diane Schuur, Stevie Wonder, Ramona Purba.

Sejak 1992, Perserikatan Bangsa-bangsa menetapkan tanggal 3 Desember sebagai International Day of People with Disability. Peringatan Hari Disabilitas ini bermula dari pencanangan tahun 1981 sebagai Tahun Dunia untuk Penyandang Cacat.

Hari Disabilitas Dunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kehidupan para penyandang cacat dan memberikan dukungan di dalam meningkatkan martabat, hak dan kesejahteraan para penyandang cacat.

Di dalam dunia musik, tercatat banyak sekali Musisi yang mempunyai kekurangan panca indra ataupun kemampuan fisik lainnya. Namun kegigihan dan semangat pantang menyerah telah mengantarkan mereka tercatat dengan tinta emas di dalam lembaran-lembaran sejarah gemilang musik dunia.

Komponis Ludwig Van Beethoven (baptis 1770- wafat 1827) menderita tuli sepenuhnya pada tahun 1817, penyakit yang sebenarnya sudah mulai dideritanya sejak berumur 26 tahun. Sejarah mencatat ratusan karya masterpiece dihasilkan oleh komponis dunia ini yang kelak menjadi inspirasi musik-musik modern.

Gitaris Jazz Eropa kelahiran Belgia, Django Reinhardt (1910 – 1953) adalah pelopor Gypsy Jazz dan dikenang sebagai salah satu pionir gitar Jazz. Pada usia 18 tahun dia mengalami luka bakar yang sangat parah di tangan kiri dan kaki kanannya akibat karavan tempat dia tinggal terbakar. Kaki kanannya sempat lumpuh, tetapi sembuh total setahun kemudian. Jari manis dan kelingkingnya terbakar parah, masing-masing kehilangan satu ruas dan setengah lumpuh. Django tidak menyerah dan menerapkan gaya baru bermain gitar dengan hanya menggunakan 3 jari yang sehat. Dua jari yang cacat berhasil dilatih untuk membantunya memencet kord gitar.

Drummer Rick Allen dari kugiran rock Def Leppard mengalami kecelakaan mobil parah yang menyebabkan dia kehilangan tangan kirinya di tahun 1981. Sempat mengalami depresi parah, namun berkat dukungan moral dari keluarga, teman-teman dan rekan satu bandnya, Rick kembali memegang stick dan menggunakan sebuah drum elektrik yang didesain khusus untuknya. Rick Allen bersama Def Leppard kemudian tidak berhenti mencetak hits dan menjual rekaman berjuta-juta kopi.

Beberapa musisi besar dunia mempunyai kekurangan penglihatan. Ada yang mengalami kebutaan dari lahir, ada yang sejak balita dan dewasa. Pionir musik Soul, Ray Charles (1930-2004) menderita glaucoma yang menyebabkannya buta pada usia 5 tahun. Legenda hidup Stevie Wonder menderita kebutaan sejak lahir. Penyanyi Tenor Andrea Bocelli menderita glaucoma dan buta sejak usia 12 tahun karena kecelakaan saat bermain sepakbola.  Bocelli adalah pemegang rekor penjualan album klasik terlaris dunia dengan lebih dari 70 juta kopi. Penyanyi Jazz peraih 2 Grammy Award, Diane Schuur juga buta sejak lahir.

Dari Indonesia tercatat beberapa penyanyi yang mempunyai kekurangan fisik. Misalnya Ramona Purba dan Asep Irama. 

Masih banyak cerita mengenai legenda musik yang memiliki kekurangan fisik dan panca indra. Tetapi, bagi mereka, kekurangan bukan lah alasan untuk menyerah!

“… bagi mereka, kekurangan bukan lah alasan untuk menyerah!”

 

 Read this article: International Day of People with Disability 2012

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: