Klarifikasi dari Eumpang Breuh mengenai polemik lagu Seuramoe Reggae

Eumpang Breuh - Sibak Rukok Treuk Cover

Seperti yang diberitakan sebelumnya, munculnya lagu Maneh milik  Seuramoe Reggae di film komedi Aceh Eumpang Breuh terbaru yang berjudul Sibak Rukok Teuk (baca: Seuramoe Reggae Komplain Film Eumpang Breuh), telah menimbulkan polemik di dunia permusikan Aceh. Pembicaraan dan diskusi yang hangat mengenai masalah ini pun mengalir dengan deras di sosial media dan meja-meja kopi di seantero Banda Aceh.

Produser musik Aceh terkenal. Syekh Ghazali LKB, Ketua AIRA ( Asosiasi Industri Rekaman Aceh), dan salah satu anggota Dewan Pembina Gabungan Musisi Aceh, mewakili produser Eumpang Breuh segera mengklarifikasi tudingan tersebut dengan mengeluarkan statement sebagi berikut pada tanggal 24 April 2014 yang lalu:

KLARIFIKASI dari AIRA

Perlu kami sampaikan kepada semua pihak,
Bahwa Asosiasi Industri Rekaman Aceh
telah menerima laporan dari pihak Eumpang Breuh
terkait dengan hal lagu ManehSeuramoe Reggaedan setelah kami menonton Film SIBAK RUKOK TREUK,
(VCD Original yang beredar di pasaran) berbeda dengan versi yang ada di youtube, yang di upload oleh orang yang tidak bertanggung jawab dalam berbagai versi.
Untuk itu, perlu kami klarifikasi bahwa “TIDAK BENAR” pihak Eumpang Breuh yang menggunakan Lagu Maneeh milik group band Seuramoe Reggae sebagai Original Soundtrack film Eumpang Breuh terbaru yang berjudul Sibak Rukok Treuk.


Banda Aceh 24 April 2014.
Syekh Ghazali LKB, Ketua AIRA.

 

Klarifikasi tersebut segera ditanggapi dengan baik oleh Deddy Mulia dari Seuramoe Reggae disela-sela persiapan album kedua mereka. Dengan demikian polemik mengenai penggunaan lagu Maneh di film Eumpang Breuh terjawab sudah.

Sequel ke-sebelas Eumpang Breuh tetap menampilkan trio kocak komedian Aceh Joni Kapluk, Mando Gapi dan Haji Uma. Film yang diproduseri oleh Ayah Doe tersebut menceritakan sosok Haji Uma (diperankan oleh Sudirman) yang mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI dari Provinsi Aceh dengan tagline Hukom Ta Pekong, Seni Budaya Bangsa Ta Pedong.

Dalam kenyataannya, Sudirman alias Haji Uma memang berhasil lolos sebagai senator mewakili Aceh di dalam Pemilihan Umum 2014 yang diadakan pada tanggal 9 April yang lalu.

Sukses untuk Haji Uma, Eumpang Breuh dan Seuramoe Reggae!

*****

Facebook Comments

One thought on “Klarifikasi dari Eumpang Breuh mengenai polemik lagu Seuramoe Reggae

  • April 28, 2014 at 4:36 pm
    Permalink

    masi kaga ngerti bang,..
    ini gimana ceritanya..??
    apa penggunaan lagu tersebut sudah di legalkan..??
    mohon penjelasan..

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: