Kumpulan Lagu Resmi Piala Dunia Bagian 1 (1962 – 1978)

Lagu resmi piala dunia 62-78

Ajang empat tahunan yang paling ditunggu oleh penggemar sepakbola di seluruh dunia, FIFA World Cup selalu menjadi sorotan bahkan sebelum ajang tersebut dimulai. Segala polah tingkah selebritis sepakbola, para official, komentator/analisis, hingga para penonton pun akan selalu menghiasi pemberitaan media massa dan elektronik.

Tidak hanya mereka yang terlibat langsung di dalam dunia sepakbola yang akan ramai dibicarakan, ternyata artis/penyanyi yang menyanyikan lagu resmi dan lagu anthem pun akan kebagian publisitas yang masif selama perayaan tersebut. Bayangkan saja, sepanjang tahun lagu mereka akan menghiasi layar TV, radio, media online bahkan electronic signage/billboard TV di pinggir-pinggir jalan.

Ternyata tidak semua Piala Dunia mempunyai lagu resmi atau lagu anthem. Redaksi acehmusician.org membuat sebuah daftar lagu “FIFA World Cup Official Songs” baik yang resmi maupun yang “dianggap resmi”, dan menyajikan lagu-lagu tersebut berupa tautan dari Youtube untuk pembaca kami yang tercinta. Kami memulainya dari FIFA World Cup 1962, karena penggunaan lagu anthem tidak populer di event sebelumnya. Ikuti link berikut dan selamat menikmati:

*****

1962 FIFA World Cup

FIFA Worldcup 1962 adalah kali ketujuh Piala Dunia dilaksanakan. Diadakan di Chili dari tanggal 30 Mei hingga 17 Juni 1962.  Disini Brazil menjadi juara untuk kedua kalinya setelah mengalahkan Czechoslovakia 3-1 dan berhak membawa pulang kembali  Piala Jules Rimet.

Lagu “El Rock del Mundial” terpilih sebagai lagu resmi Piala Dunia tersebut.  Lagu tersebut dibawakan oleh Los Ramblers dan diproduseri oleh Jorge Rojas Astorga.

*****

1966 FIFA World Cup

Inggris memenangkan piala FIFA World Cup satu-satunya ketika menjadi tuan rumah di tahun 1966. Ajang yang diadakan dari tanggal 11 hingga 30 Juli 1966 ini menyisakan sebuah cerita epik dari …. seekor anjing!

Ketika Piala Jules Rimet dicuri dari tempat ia dipamerkan, seluruh penduduk negeri Yang Mulia Ratu Elizabeth II sibuk dan panik. Untungnya seekor anjing bernama Pickles berhasil menemukannya terbalut bungkus koran di dalam sebuah semak-semak di kota London.

Inggris mengalahkan Jerman Barat 4-2  di final dengan pertambahan waktu.

Si Raja Skiffle, Lonnie Logan menyanyikan lagu resmi FIFA WORLD CUP 1966 yang berjudul “World Cup Willie (Where in this World are We Going)”. 

*****

1970 FIFA World Cup

Piala Dunia ke sembilan didakan di Meksiko pada tahun 1970 yang merupakan kali pertama Piala Jules Rimes diperebutkan di Amerika Utara sekaligus terakhir kalinya trophy yang diberi nama sesuai dengan nama pencetus ide Piala Dunia ini diperebutkan. Si Negara Sombrero menggelar ajang ini dari 31 Mei hingga 21 Juni 1970.

Brazil untuk ketiga kalinya menjadi juara di turnamen ini dan berhak membawa pulang Piala Jules Rimes untuk disimpan secara permanen, setelah mempermalukan finalis dari benua Eropa, Italia dengan skor 4-1.

Mexico tidak mempersiapkan sebuah lagu resmi untuk FIFA World Cup 1970. Lucunya, Jerman Barat mengeluarkan sebuah album yang diberi judul Originalthema der Fußball-Weltmeisterschaft Mexico 70 atau Original Theme from World Soccer Championship Mexico 70 yang berisikan dua buah lagu: Futbol Mexico 70 yang dibawakan oleh Roberto do Nascimento, dan lagu “Mexican shuffle” oleh Living brass and living marimbas. Akhirnya, lagu Futbol Mexico 70 dianggap sebagai “lagu resmi” Piala Dunia ke-9.

*****

1974 FIFA World Cup

Jerman Barat kebagian menjadi penyelenggara FIFA World Cup ke 10 pada tahun 1974. Piala Dunia yang diadakan dari tanggal 13 Juni hingga 7 Juli 1974 ini menandai pertama kalinya trophy FIFA WORLD CUP diperebutkan, setelah trophy Jules Rimet pensiun karena Brazil telah memenangkannya sebanyak 3 kali.

Jerman Barat menjadi juara yang kedua kalinya setelah mengalahkan Belanda di final dengan skor 2-1. Tetapi walaupun demikian, dunia menjadi saksi kehebatan totaalvoetbal  yang dipertunjukkan oleh timnas Belanda yang dikomandani Johan Cruyff, yang ternyata bisa mengalahkan permainan sakti Uruguay, Brazil, Argentina, Jerman Timur, dan Bulgaria di babak sebelumnya. Kekalahan di final adalah satu-satunya kekalahan Belanda selama Piala Dunia 1974.

Penyanyi Polandia, Maryla Rodowicz menyanyikan lagu resmi Piala Dunia 1974 yang berjudul “Futbol” pada acara pembukaan di Muenchen.

*****

1978 FIFA World Cup

Argentina menjadi tuan rumah FIFA World Cup pada tahun 1978. Ajang yang digelar dari tanggal 1 hingga 25 Juni 1978 ini diwarnai tuduhan curang terhadap tuan rumah. Junta militer yang memimpin Argentina setelah merebut kekuasaan dengan kudeta dua tahun sebelumnya, dinilai menghalalkan segala cara untuk menjadikan Argentina sebagai juara.

Argentina dengan dimotori Mario Kempes menjad juara setelah mengalahkan finalis ’74 Belanda dengan skor 3-1 di babak perpanjangan waktu. Belanda yang tidak diperkuat Kruijff mengeluhkan tim tuan rumah suka mengulur-ngulur waktu yang tentunya mempengaruhi mood dan emosi pemain Belanda.

Sang Maestro Ennio Morricone ditugaskan membuat lagu anthem World Cup ’78.  Komposer asal Italia itu menugaskan orkes Buenos Aires Municipal Symphony untuk memainkan lagu gubahannya yang diberi judul “El Mundial 1978”.

BERSAMBUNG

Kumpulan Lagu Resmi Piala Dunia Bagian 2 (1982 – 1994)

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: