Lagu Instrumental No. 1 Terlama di Billboard Hot 100

Picture Source: seesaa.net
Picture Source: seesaa.net

Di dalam sejarah majalah Billboard, lagu instrumental yang menjadi pemuncak tangga nada terlama Billboard Hot 100 adalah Theme from A Summer Place yang bertahta selama 9 minggu berturut-turut pada awal tahun 1960. Lagu yang dibawakan oleh Percy Faith and His Orchestra ini merupakan cover version dari soundtrack film A Summer Place yang dikarang oleh komposer modern Amerika kelahiran Austria, Max Steiner. Lagu ini kemudian mendapatkan lirik yang ditulis oleh Mack Discant.

Berkat lagu ini, Percy Faith memperoleh Grammy Award for Record of the Year pada tahun 1961. Ini adalah lagu film pertama dan instrumental pertama yang memenangkan Grammy untuk kategori tersebut. Versi Faith ini juga kemudian mendapat  peringkat 18 di dalam daftar Hot 100 edisi peringatan ulang tahun ke 50 majalah Billboard pada tahun 2008.

Lagu Theme from A Summer Place aslinya dimainkan oleh orkestra milik Hugo Winterhalter pada tahun 1959, juga salah seorang band leader Amerika yang terkenal. Kemudian banyak direkam ulang termasuk oleh Andy Williams (1962), The Lettermen (1965), Cliff Richard (1965), dan lain-lain.

Simak versi vocal yang dinyanyikan oleh Andy Williams:

(ibas)

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: