Laporan Technical Meeting Festival Musik Banda Aceh 2013

TMfestival03

Technical Meeting untuk Festival Musik Banda Aceh 2013 telah diadakan pada tanggal 18 April 2013, pukul 16 WIB bertempat di Sekretariat GMA, Lantai 2 Gedung Dewan Kesenian Banda Aceh. Bertindak sebagai moderator adalah Deddy “Seuramoe Reggae” Mulia, dan dihadiri para dewan juri, perwakilan sound system FAM dan perwakilan dari band peserta.

TMfestival04

Deddy Mulia memulai dengan membacakan peraturan-peraturan yang akan diterapkan di dalam perlombaan. Berikut peraturan-peraturan tersebut:

 A. PERSYARATAN PESERTA

  1. Kompetisi ini terbuka dalam 2 kategori Umum dan Pelajar.
  2. Peserta kategori Pelajar adalah siswa SMA/SMP/SD/(sederajat) yang dibuktikan dengan surat keterangan dari sekolah dan/atau kartu pelajar yang masih berlaku, dengan jumlah personil pelajar dalam 1 band adalah memenuhi 50% + 1 dari jumlah personil keseluruhan.
  3. Diluar poin 2 adalah kategori umum.
  4. Wajib mengisi dan melengkapi formulir pendaftaran yang disediakan panitia.
  5. Peserta memainkan alat musik sesuai dengan format musik Band
  6. Peserta menyerahkan foto berwarna seluruh badan masing-masing 1 buah

B. KETENTUAN LOMBA

  1. Panitia menyediakan alat musik lengkap sesuai dengan instrumen yang ditentukan tetapi peserta diperkenankan membawa alat musik sendiri.
  2. Panitia menyediakan sound system yang representatif, peserta diperkenankan membawa aksesoris sesuai dengan kebutuhannya.
  3. Peserta tampil dengan menggunakan pakaian yang rapi dan sopan sesuai norma-norma yang berlaku di masyarakat
  4. Band minimal beranggotakan 2 orang dan maksimal 7 orang
  5. Komposisi dan jumlah dari masing masing anggota band (vokalis, gitaris, bassis, dsb) bebas
  6. Nama band haruslah sopan, tidak berbau SARA, porno, dan asusila
  7. Dalam kompetisi ini, tidak ada pembatasan genre dari band peserta
  8. Peserta wajib membawakan 2 buah lagu, dimana lagu yang dipilih boleh ciptaan sendiri ataupun cover version, dengan lirik yang tidak mengandung unsur SARA.
  9. Masing masing band diberikan waktu untuk tampil maksimal 15 menit.
  10. Peserta yang belum berumur 18 tahun harus didampingi oleh orang tua/wali selama perlombaan. Panitia tidak bertanggung jawab terhadap kebutuhan-kebutuhan khusus anak/remaja dibawah umur seperti konseling, akomodasi, transportasi, dll.
  11. Penilaian dilakukan oleh dewan juri yang terdiri dari praktisi yang profesional dalam bidangnya.
  12. Penilaian meliputi: kreativitas, aransemen, teknik bermain, materi, kekompakan, dan penampilan.
  13. Peserta wajib mengikuti technical meeting pada tanggal 18 April 2013, pukul 16.00 Wib, di sekretariat lomba d/a Sekretariat GMA Komplek Taman Budaya. Bagi peserta yang tidak dapat mengikuti technical meeting dianggap sudah menerima ketentuan teknis dari panitia, hasil technical meeting di informasikan melalui website acehmusician.org dan papan pengumuman secretariat GMA
  14. Peserta wajib melapor 15 menit sebelum nomor undiannya dipanggil. Keterlambatan di panggung dapat menyebabkan peserta didiskualifikasi dan uang pendaftaran tidak dapat dikembalikan.
  15. Peserta wajib menjaga ketertiban selama dipanggung dan tidak memancing kerusuhan terhadap penonton dalam bentuk apapun.
  16. Peserta wajib menjaga instrument dan kelengkapan panggung. Apabila terjadi perusakan oleh peserta maka akan dimintakan ganti rugi.
  17. Peserta diwajibkan mengucapkan salam dan selamat ulang tahun Kota Banda Aceh ke 808.
  18. Pelanggaran terhadap peraturan ini dapat menyebabkan peserta didiskualifikasi dan uang pendaftaran tidak dapat dikembalikan.
  19. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat, dan panitia penyelenggara tidak dapat dituntut.

 C. AKOMODASI

1.  Seluruh akomodasi, transportasi dan komsumsi peserta dan pendamping ditangggung oleh peserta sendiri.

D. ADMINISTRASI

1.  Biaya pendaftaran setiap kelompok musik sebesar Rp. 200.000 (kategori Umum) dan Rp. 150.000 (kategori Pelajar) dan harus sudah dilunasi sebelum pertandingan.

 TMfestival02

Setelah peraturan dibacakan, gitaris senior Ian Mollusca berbicara mewakili para juri lain yang ikut hadir Arifin Efendi (Ateng) dan Rio Xantafee. Dia mengingatkan bahwa penilaian juri berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan. Para peserta tetap harus mempersiapkan diri dengan baik. Ian Mollusca memberi beberapa tips mengenai persiapan sebelum mengikuti festival. Antara lain: bagi gitaris metal, hendaknya menyesuaikan besaran senar gitar apabila hendak melakukan drop D, drop C atau drop B. Jangan sampai suara gitar tidak seperti yang diinginkan. Dan lain-lain.

Technical meeting dilanjutkan dengan penarikan nomor undian dan penentuan rundown acara yang dapat dibaca di artikel berikut: RUNDOWN ACARA

Technical meeting kemudian dilanjutkan dengan meninjau stage dan melihat persiapan panggung dan sound system.

(Olenk Myung)

TMfestival01 

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: