Malam Ini Piasan Seni Banda Aceh 2012 Dibuka

 Source: Atjehpost | Rabu, 28 November 2012 07:00 WIB

BANDA ACEH Piasan Seni Banda Aceh 2012 akan dibuka pada Rabu malam 28 November 2012 di Taman Sari Banda Aceh. Acara ini dilaksanakan oleh Aceh Arts Alliance bersama I Love Aceh (ILA) Team Management, Gabungan Musisi Aceh (GMA), Aceh Entertainment, dan Pusat Kebudayaan Aceh Turki (PuKAT), didukung oleh Permerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Banda Aceh.

Koordinator dan Humas pantia Teuku Mahfud mengatakan, Piasan Seni Banda Aceh 2012 merupakan rangkaian kegiatan seni yang memberi ruang-ruang apresiasi dan edukasi kesenian bagi seniman, pekerja seni dan masyarakat peminat kesenian.

“Acara ini merupakan sarana promosi bagi produk-produk kesenian. Ada enam agenda kegiatan selama lima hari tersebut, yaitu pameran seni, panggung hiburan (live entertainment -red), workshop seni, bincang seni, panggung apresiasi seni,  rapai uroh, seminar sastra hamzah Fansuri, dan aneka perlombaan. Kegiatan ini mempunyai sebuah tagline -kita insan seni, kita ada dan berkiprah, kita menyatu demi pencapaian iklim berkesenian yang maju dan bermartabat,” kata Mahfud.

Dengan tagline tersebut, kata dia, diharapkan terjadinya interaksi sosial yang sehat di antara pelaku kesenian dengan bersinergi dan menepis semua perbedaan-perbedaan didalam berkesenian, demi terjadinya kesinambungan karya seni di masa mendatang.

“Harapan besar bila Piasan Seni Banda Aceh 2012 bisa menjadi perhelatan tahunan yang bukan hanya bertaraf lokal, bahkan internasional di tahun-tahun mendatang. Kita sadar bahwa belum semua elemen kesenian bisa terakomodir di Piasan Seni Banda Aceh 2012, namun kita yakin bahwa event ini akan terus berkembang di tahun mendatang dan bisa menjangkau luas dari setiap elemen kesenian lainnya,” kata Mahfud.

Semua rangkaian acara, kata Mahfud, sebagai perwujudan misi Banda Aceh sebagai Kota Madani yang kini telah didaftarkan sebagai Kota Pusaka oleh Walikota Banda Aceh Mawardy Nurdin pada Kamis 8 Nopember 2012, sedang disiapkan untuk didaftarkan sebagai Kota Warisan dunia pada UNESCO.

“Piasan Seni Banda Aceh 2012 merupakan salah satu usaha ke sana, butuh komitmen semua pihak untuk membangun kota yang dulu disebut Bandar Aceh Darussalam ini dan sekarang sudah berusia 800 tahun lebih,” kata Mahfud.[] (ihn

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: