Manfaat Anak Belajar Musik

Yafi - GMA Drummers DAY

Pendidikan musik telah lama diyakini memberi kontribusi positif bagi perkembangan kepribadian anak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan anak terhadap musik juga memberikan pengaruh besar terhadap prestasinya di bidang akademik. Dari belajar musik seorang anak mengasah beberapa kemampuan:

Gerakan Motorik

Musik dituangkan melalui gerakan teratur dan terkendali, sehingga bermain musik meningkatkan respon terhadap informasi yang dilihat dan didengar. Hal ini membantu merangsang dan mengembangkan area otak secara optimal.

Kemampuan Memahami

Persepsi akan dinamika lagu, artikulasi, pitch dari nada-nada, akan meningkatkan kepekaan terhadap keadaan tertentu, kemampuan mencurahkan ide dan berwawasan terbuka. Hal ini erat kaitannya dengan kemampuan berbahasa.

Kemampuan Memberikan Kesan

Musik memberi lahan bagi anak untuk memaknai ekspresi lagu, dan membuat mereka tertantang untuk membuat hidup lebih berkesan dan bermakna bagi orang lain.

Kemampuan Intelektual

Respon terhadap bentuk dan perubahan irama serta menvisualisasikan berbagai elemen musik secara bersamaan, mendorong anak berpikir kritis, cepat dan tanggap dalam memecahkan berbagai persoalan.

Kemampuan Bersosialisasi

Agar sebuah orkestra menghasilkan suara yang harmonis, dibutuhkan kerjasama dan komitmen untuk meningkatkan kemampuan dengan tekun berlatih. Hal ini akan menambah kepercayaan diri anak yg berguna bagi pergaulan sosialnya.

Source: gayabunda.com

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: