Mengenal NAMM Show, pameran alat musik terbesar di Amerika

NAMM Show merupakan salah satu dari dua pameran dagang alat musik ekslusif terbesar di dunia, ditujukan untuk pedagang dan pelaku industri alat musik. Satunya lagi adalah pameran dagang Musik Messe in Frankfurt, Jerman.

Setiap tahun NAMM mengadakan dua kali pameran dagang: Winter NAMM yang besar, diadakan di bulan Januari; dan Summer NAMM yang ukurannya hanya “seperempat” Winter NAMM, diadakan di bulan Juli.

Winter NAMM langganan diadakan di Anaheim Convention Center, Anaheim, California, sedangkan Summer NAMM di Music City Center, Nashville, Tennessee.

Pameran dagang NAMM Show merupakan ajang promosi inovasi terbaru alat-alat musik dan pendukungnya seperti instrumen musik, teknologi rekaman, sounds dan lighting. Pabrikan alat musik di dunia biasanya memperkenalkan jajaran produk baru mereka di even ini.

Tidak hanya pameran, di dalam NAMM Show juga terdapat aktifitas lain seperti penampilan endorser alat musik.

NAMM merupakan singkatan dari National Association of Music Merchants (Asosiasi Pedagang Musik Nasional), berdiri sejak tahun 1901, dengan tujuan memperkuat industri produk-produk musik dan memperomosikan kesenangan dan benefit dalam bermain musik. NAMM memiliki 10 ribu lebih anggota yang terdiri dari pabrikan dan retailer di seluruh Amerika Serikat.

Dewan Direksi NAMM dipilih setiap tiga tahun yang terdiri dari eksekutif pabrikan atau perusahaan musik. Ketua Dewan Direksi yang sekarang Mark Goff (boss W.H. Paige & Company, Inc.) dilantik Juli 2015 bersamaan dengan Summer NAMM 2015.

Hari ini NAMM dipimpin oleh Joe Lamond yang menjabat sebagai CEO/President NAMM sejak 2001. Asosiasi ini bermarkas di NAMM Headquarters, 5790 Armada Drive, Carlsbad, California.

Sebuah yayasan bernama The NAMM Foundation didirikan pada tahun 2006, yang hingga kini sangat aktif mendukung riset ilmiah, menyalurkan bantuan amal, dan membuat program layanan masyarakat.  The NAMM Foundation didanai oleh para anggota dan donasi lainnya. Boss Martin Guitars, Chris Martin mengetuai yayasan ini sejak Juli 2017 bersamaan dengan Summer NAMM 2017 yang baru saja berakhir.

*****

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: