METALLICA Menjadi Artis Dengan Penjualan Ketiga Tertinggi

metallica nov 13

Salah satu dewa musik metal,  METALLICA menjadi artis dengan penjualan ketiga terbanyak di Amerika sejak munculnya SoundScan dengan 54.26 juta jumlah keping album yang laku, sejak tahun 1991, demikian Blabbermouth melaporkan. Penyanyi country Garth Brooks merajai penjualan album terbanyak dengan 69.52 juta keping. THE BEATLES berada di peringkat kedua dengan 65.55 juta keping. Ada Mariah Carey di perinkat keempat (54.24 kopi) dan Celine Dion di peringkat kelima (52.21 kopi).

Sistem Nielsen SoundScan mulai mengumpulkan data penjualan mingguan album secara elektronik sejak 23 tahun yang lalu dan memberikan data yang akurat untuk majalah Billboard dalam menentukan tangga lagunya.

Album “Black” dari METALLICA yang diterbitkan tahun 1991 sudah melampaui penjualan 16 juta keping di Amerika berdasarkan Nielsen SoundScan, dan dalam tiga atau empat bulan terakhir, penjualannya mencapai 2000 sampai 3000 keping perminggunya.

Album Black mendapat platinum ke-16 nya dari RIAA (Recording Industry Association Of America) setelah berhasil membukukan penjualan ke 16 juta keping pada 13 Desember 2012.

Pada tahun 2009, album  “Metallica” melampaui penjualan album tahun 1997 milik SHANIA TWAIN yang berjudul “Come On Over”, sebagai CD yang paling laris sepanjang era SoundScan.

Album tersebut merupakan kolaborasi Metallica pertama dari empat kesempatan bersama produser Bob Rock, yang kemudian membawa mereka ke pintu kesuksesan di industri rekaman.

*****

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: