Milisi Hitam helat Mountain Rock Party di kawasan Gunung Bromo

Read English article about the show here: Mountain Rock Party, a new metal gig around Mount Bromo

Rekan-rekan! Siapkan diri kamu untuk menonton Mountain Rock Party yang pertama, sebuah gig yang akan menampilkan panggung  musik metal dan rock keren, dan menawarkan kesempatan untuk menikmati pemandangan indah Gunung Bromo, gunung api aktif yang merupakan salah satu tempat tujuan wisata terkenal di Jawa Timur. Kawasan tersebut adalah rumah bagi masyarakat Tengger, sebuah grup etnik Jawa yang mayoritasnya memeluk agama Hindu.

Event kolektif underground asal Probolinggo Milisi Hitam akan menghelat Mountain Rock Party pada hari Minggu, 16 April 2017 bertempat di area Pendopo Agung Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Desa Ngadisari merupakan tempat terakhir sebelum pendakian Gunung Bromo dilaksanakan, dan juga pintu masuk utama ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Event ini awalnya dijdawalkan akan berlangsung pada tanggal 12 Maret 2017, tetapi ditunda selama sebulan karena instruksi dari aparat Kepolisian untuk tidak mengadakan keramaian selama persiapan Hari Nyepi yang dirayakan oleh pemeluk agama Hindu, yaitu menyepi untuk menyambut tahun baru  Saka.

Empat belas band rock ganas akan tampil di bawah sejuknya cuaca di Ngadisari. Iklim di desa tersebut yang rata-rata 13 derajat Celsius termasuk dingin untuk masyarakat Indonesia pada umumnya. Ngadisari terletak di ketinggian 1950 meter di atas laut.

Band death metal one-piece asal Jakarta MENSTRUAL DISCONSUMED dan band blackened death metal asal Malang MISANTHROPIC IMPERIUM akan memuncaki acara. Menstrual Disconsumed manggung mempromosikan album debutnya yang terbit tahun lalu Consuming the Infinite Rancidity. Misanthropic Imperium akan menampilkan materi  anyar dari bakal album debut Cawan Amarah.

Ariv dari Milisi Hitam di dalam interviewnya dengan www.Musik.or.id menyebutkan Mountain Rock Party adalah festival rock/metal pertama di kaki Gunung Bromo.

Ide acara ini datang dari Tylun (Fear Epidemic/ Kapak Merah) yang mengusulkan sebuah konser rock di Bromo. Ariv kemudian menuliskan ide ini di status Facebooknya. Tanggapan positif kemudian muncul dari kalangan musisi dan penikmat musik cadas.

Ariv, seorang artworker yang berasal dari suku Tengger mengatakan Milisi Hitam didirikan pada bulan November 2016. Anggotanya berasal dari beberapa komunitas underground yang sudah duluan ada di Probolinggo seperti Probolinggo Black Metal Legion, Probolinggo Metalhead Circle, Sanisvara, etc. Milisi Logam adalah Bahasa Indonesia untuk Metal Militia, sebuah lagu Metallica yang terbit di tahun 1983.

Anggota Milisi Logam terlibat di dalam mengadakan beberapa serial event lokal seperti Probolinggo Metal Fest, Probolinggo Noise Aggression, Brothers in Arms, Metal Sampek Matek dan Probolinggo Black Fest.

Mahasiswa Sastra Inggris dan Filsafat di Universitas Panca Marga University mengharapkan event ini akan menggenapi konser jazz yang diadakan di Bromo: Jazz Gunung, sebuah festival jazz tahunan yang terkenal sejak 2009.

Tema Mountain Rock Party kali ini adalah hura-hura sambil berbagi. Penyelenggara akan menyisihkan hasil penjualan tiket untuk anak-anak yatim di seputar  Probolinggo.  

Mountain Rock Party

LINE UP

MENSTRUAL DISCONSUMED (Jakarta, One-man Death Metal)
MISANTHROPIC IMPERIUM (Malang, Blackened Death Metal)
KEPATEN
(Probolinggo, Black Metal)
FEAR EPIDEMIC
(Probolinggo, Death Metal)
LAWON
(Lumajang, Black Metal)
THE BODDAH
(Pandaan, Grunge)
ZINAH
(Mojokerto, Death Metal)
ANTI KAWUR
(Malang, Grindcore)
BATAS TROTOAR
(Probolinggo, Punk)
SPIRIT OF RESISTANCE
(Probolinggo, D’beat Punk)
MEMORIAL HOSPITAL
(Malang, MedicalGore)
FAJAR MERAH
(Probolinggo, Folk Grunge)
ORAL SEX
(Probolinggo, Punk)
SCARS 
(Probolinggo, BlackMetal)

Tiket early bird tersedia dengan harga 10 ribu perak (tidak termasuk tiket masuk Taman Nasional). Sementara harga normal 20 ribu Rupiah. Untuk informasi lebih lanjut mengenai event ini kamu bisa menghubungi Ariv NK di 085546683335 dan BBM D74742CA, atau Tylun di 082233840715 atau BBM EE1BE34.

Gig ini disponsori oleh Kedai Sore (Jember ), Teriak Merch (Jember), Vulgar Mini underground store, Sukapura Cell, Poisonium Screen Printing and RivArtwork.

Mountain Rock Party didukung oleh Balai Besar Bromo Tengger Semeru, Front Ugal Conspiracy, Sanisvara UKM Seni Probolinggo, Graha StreetCrew, Probolinggo Metalheads Circle, Tengger Metalhead Division, Nyambex Crew, Warung Kopi Gindi, Warung Kopi agoes Speed, Z Coffe Crew, Kedai Kopi Si Unyil, Zufarg Art, Amora Shop, Pethelan Triple Six, Bromo Lovers, Probolinggo Art Conspiracy, The Flyover, Paztel Militia, Vaporizer Probolinggo, and Rumah Sastra Gandes.

Hong ulun basuki langgeng! 

*****

Facebook Comments

One thought on “Milisi Hitam helat Mountain Rock Party di kawasan Gunung Bromo

Leave a Reply

%d bloggers like this: