Mojokerto Black Conspiracy 14 dihelat Minggu ini

Mojokerto Black Conspiracy kembali dengan pesta musik underground bi-annualnya yang akan dilangsungkan pada hari Minggu, 6 Agustus 2017 di GOR Majapahit Mojokerto.

Seperti edisi sebelumnya, Mojokerto Black Conspiracy 14 akan menampilkan 22 pasukan musik ekstrim dari sekitar Jawa Timur dan Barat. Konser tersebut akan mengetengahkan nama-nama seperti Lose It All, Turbidity,  Puba’s Sweet Heroes, Misantrophic Imperium, Uret, Girlzeroth, Tragyst, dan lain-lain.

Read English article about this event here: Mojokerto Black Conspiracy celebrates its 14th edition of eponymous event series

MC rock ngetop asal Jakarta Agung “Gele Golok Setan” Yulianto dijadwalkan akan memandu acara tersebut.

Read also: MOJOKERTO BLACK CONSPIRACY #13

Band hardcore/metal asal Bandung Lose It All akan memberi bocoran lagu-lagu dari album kedua mereka mendatang yang diberi judul Contentious kepada penonton Mojokerto Black Conspiracy 14.  Band ini sudah merilis single “Menyayat Lembah Lemuria” pada bulan Oktober 2016, yang merupakan single pertama dari album tersebut. Tidak ada info lebih lanjut kapan album ini akan dirilis, walau Lose It All menerbitkan serangkaian video “Making the Contentious” di channel Youtube mereka. Diperkirakan, Contentious akan dirilis tahun ini juga.

Band ini didirikan pada ahun 2008 dan sudah merilis EP Live Your Life tahun 2010 serta sebuah debut full-length album New Beginning tahun 2014. Formasi teranyar berisikan Phopi Ratna Agustin (vocals), Indrawan JS (guitars), Azi (drums), Rengga (bass).

Penggemar musik metal sedang menantikan album baru Turbidity bersama vokalis gresnya Bob Rock (ex-Bleeding Corpse) setelah Andry keluar tahun lalu. Bersama Bob, band ini sudah merilis sebuah demo CD berjudul Sinis – Promoshit 2016, yang diterbitkan oleh Groupies Merch.  Asiknya, Andry malah bergabung dengan Bleeding Corpse pada awal tahun ini.

Sejak didirikan pada tahun 2008, Turbidity sudah meluncurkan album studio Suffering of Human Decapitated (2011, Extreme Souls Production), dan EP Vomiting the Rotten Maggot (2012, Horrible Creation Extreme Musick Media).

Tubidity sekarang diisi oleh Bob Rock (vocals), Daniel Turbiyem (guitars), Ferry (bass) and Iko Karbon (drums).

Band deathcore asal Sidoarjo Pubas Sweet Hero akan menampilkan lagu-lagu dari debut EP Dominion, yang dirilis sendiri bulan Juni 2013. Sebuah video musik resmi untuk Dominion dipublikasikan pada tanggal 26 Februari 2016. Sejak kemunculannya di Oktober 2009, band tersebut sudah sering mengalami pergantian personil.

Formasi teranyar berisikan Jeff (vocals), Poenky Tria Herlambang (vocals), Johan (bass), Bagus (guitars), Rezan (guitars), dan Filsa (drums).

Sejak didirikan tahun 1999, band black metal Gresik Tragyst sudah memiliki sebuah album studio berjudul Lembah Kehancuran, dirilis oleh SonnenGott Musik bulan Agustus 2002. Menurut akun Facebooknya,  formasi terakhir band ini terdiri dari Opan (guitars), Amel (guitars), Kanthel (drums), Andi (vocals), Poenk (vocals) dan Eko (keyboards).

 

Penggemar musik black metal di Mojokerto Black Conspiracy 14 sudah dapat menikmati lagu-lagu dari album debut Misanthropic Imperium yang berjudul Cawan Amarah, dirilis pada tanggal 17 Mei 2017 oleh Hitam Kelam Records setelah beberapakali mengalami penundaan. Seblumnya, band ini sudah merilis single yang banyak dipuji berjudul Abomination Spells tahun 2016.

Band tersebut didirikan di Malang pada tahun 2014 oleh personil Ritual Orchestra, Dramatic, dan Kufur. Sekarang beranggotakan Danthalion (drums), Deadcrush (guitars), Infernus (guitars) dan Throne of the Moon (bass, vocals).

*****

Arise Cavalera dalam wawancaranya dengan Musik.or.id baru-baru ini mengatakan edisi tahun ini menampilkan lebih banyak band dari Jawa Timur, berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya. Dia mengungkapkan nama fiktif Bakul Kangkung Production yang digunakan sebagai bendera dalam menyelenggarakan acara ini hanyalah untuk lucu-lucun saja.

Mojokerto Black Conspiracy dideklarasikan pada tanggal 30 Januari 2011 oleh tiga legiun underground Alexander Johnko, Arise Cavalera dan Arap Pat Nggenah. Yang terakhir merupakan drummer dari band brutal death metal Range of Mutilated, salah satu veteran metal di dunia musik ekstrim Jawa Timur. Anggota ke-empat Untung Sitanggang bergabung ketika sedang penggarapan edisi ketiga. Tim ini bertahan hingga sekarang dan aktif di dalam penyelenggaraan berbagai even seperti ajang dua bulanan Black Generation Party; konser amal; dan konser musik di Car Free Night Mojokerto, yang diselenggarakan bersama Polres Mojokerto.

Bulan Februari lalu, Alexander Johnko mengatakan kepada www.Musik.or.id, even ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi antara sesama metalhead setempat; dan memberi kesempatan kepada musisi lokal untuk menunjukkan bakatnya, serta memberikan akses kepada mereka untuk berbagi dengan musisi tamu, sementara penonton diberikan suguhan yang baik.

LINE UP

LOSE IT ALL (Bandung)
URET 
TURBIDITY (Bandung)
PUBAS SWEET HERO (Sidoarjo)
MISANTROPIC IMPERIUM (Malang)
TEKAD (Mojokerto)
LEGION OF ANGEL (Mojokerto)
WHITE ANGEL (Mojokerto)
GIRLZEROTH (Bandung)
ERUPTED (Mojokerto)
TRISULA (Mojokerto)
BEGAL (Mojokerto)
GUTURAL DISEASE (Bandung)
KROPOS (Mojokerto)
CARNIVOR (Bojonegoro)
TUMPAH RUWAH (Mojokerto)
TRAGYST (Gresik)
ARISE (Bandung)
BEAUTY OF BLOOD (Sidoarjo)
SEVEN GATES MURDER (Mojokerto)
HIPOTERMIA (Mojokerto)
MOURPHY (Mojokerto)

 

Tiket dijual dengan harga 35 ribu rupiah di lokasi.

Mojokerto Black Conspiracy #14 didukung oleh Djarum, Wa Distro, Disharmonic Distro, Cod Distro, Hey Congok!, Ressurection Merch, Majazine, Hadeath Records, Telkomsel, Lucky Service, AB Cell Jeruk Seger, Nifa Merch, Focussion Cloth, Semblan Satu Film, Reij Distro, Godzira Store, Pecel Pincuk Selera Waru Sidoarjo, Oksigen Distro, Saung Tanah Lumpur, Muvmuv, Corel Baw, Warkop Cak Met Lamongan, Thunder Boltwear Warung Rakyat, GJ.com, KSC Cell, Stalker Family, Massa Hitam, Black Nose Store, Roy othic Collection, AA Cel Mojokerto, Warkop Dalbo, Budaya Kopi,, Waroeng Jati, Rock Bone, Warkop Sigur, The Foto Brothers, Adit teriak Merch, Radio RFM Mojokerto, Anggi Berisik Merch, Tukang Sablon Matair, Planet Jeans, MLTV Cloth, Teras Outdoor Store, Warung Pdodomoro Prambon, Printingku, Paku Bumi Production, dan Dju Sport.

*****

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: