Musisi Aceh, Maiwan: ‘Laskar Gayo’ Harusnya Milik Dunia

Maiwan-lintas gayo

Source: Lintasgayo.com

Banda Aceh | Lintas Gayo – Musisi sekaligus komposisi musik jazz di Banda Aceh Maiwan mengaku takjub ketika mendengar lagu “Persalaman Saman” milik Laskar Gayo Band ethnik asal Kabupaten Gayo Lues.

Hal itu dia ungkapkan saat ditemui Lintas Gayo di salah satu warkop di Jalan Pocut Baren Minggu (10/03/2013) siang disela-sela diskusi ringan dengan sejumlah seniman Aceh diantaranya Joe Samalanga, Musisi Gayo Uan Daudy.

Maiwan yang sudah menggeluti musik sejak 21 tahun yang lalu mengaku memang simpati dengan seniman-seniman Gayo yang aktif dalam mempublikasikan unsur budaya khususnya seni hingga ke luar daerah bahkan mancanegara.

Tambahnya, baru pertama ini mendengar warna musik seperti Laskar Gayo di Aceh yang dinilainya kekuatan musik tradisionalnya memiliki nilai seni yang hebat. “Lagu milik Laskar Gayo memiliki komposisi yang luar biasa serta ruh musik yang hebat, saya baru pertama kali ini mendengar jenis komposisi musik seperti itu di Aceh. Harusnya Laskar Gayo menjadi salah satu andalan Aceh untuk bersaing dalam seni musik di Dunia,”tegas Maiwan.

Maiwan juga mengaku salut dengan personil Laskar Gayo dalam mengaransemen lirik-lirik asli milik Gayo untuk dijadikan ke musik ethnik modern,”Saya mengaku salut dengan Laskar Gayo, walaupun band daerah tapi ternyata memiliki daya pikir seni tingkat dunia,”puji Maiwan.
Maiwan menilai, publikasi di Aceh dalam mengangkat seniman-seniman kreatif seperti Laskar Gayo masih kurang, sehingga banyak yang tidak menyadari Aceh mempunyai seniman muda yang hebat. Untuk itu, ia berharap masyarakat dapat mendukung seniman-seniman muda di Aceh, dan semoga seniman-seniman di Aceh dapat belajar dari komposisi musik Laskar Gayo yang menuru saya memiliki karisma tersendiri.

Gayo, lanjut Maiwan mempunyai unsur budaya yang sangat kuat di Aceh. Jadi jangan sampai kekayaan tersebut hilang hanya karena mengadobsi budaya-budaya musik luar yang dapat merusak kekutan musik tradisi Gayo.(Supri Ariu/red.04)

Masterclass Maiwan02

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: