Musisi ini meninggal karena HIV/AIDS

Musicians died of HIV

Keterangan Gambar: Atas, kirka: Liberace, Freddie Mercury, Lonnie Pitchfork, Fela Kuti.
Bawah, kirka: Ofra Haza, Dan Hartman, Tom Fogerty, Alan Murphy.

Untuk memperingati Hari AIDS Dunia 1 Desember 2013, redaksi acehmusician.org membuat sebuah daftar yang berisi nama-nama  musisi yang meninggal karena HIV/AIDS. Tentunya daftar ini hanya berisi beberapa nama musisi saja. Tulisan ini bertujuan untuk meningkatkan awareness terhadap bahaya HIV/AIDS.

1. Liberace

Lahir sebagai Wladziu Valentino Liberace, putra seorang imigran Italia dan Polandia, di Wisconsin, Amerika Serikat pada tanggal 16 May 1919, Liberace adalah sosok yang paling heboh di dalam sejarah dunia hiburan Amerika Serikat.

Pianis dan penyanyi yang sangat flamboyan ini merupakan entertainer dengan bayaran tertinggi sedunia di era 50-an hingga 70-an. Aksi panggung, gaya berpakaian, dan penampilan sehari-hari membuat orang menduga bahwa Liberace adalah seorang gay, sesuatu yang selalu dia bantah sepanjang hidupnya.

Dia meninggal pada 4 Februari 1987 akibat pneumonia yang berkaitan dengan AIDS, dan beberapa penyakit lainnya seperti  anemia, emphysema, dan penyakit jantung di usia 67 tahun di rumahnya di California. Terungkap kemudian bahwa Liberace sudah positif HIV sejak tahun 1985. Setelah meninggal beberapa teman dekatnya mengakui bahwa Liberace adalah seorang gay tulen.

2. Freddie Mercury

Aslinya bernama  Farrokh Bulsara, Freddie Mercury dilahirkan di Zanzibar pada tanggal 5 September 1946 dari sebuah keluarga Parsi Gujarat. Parsi adalah kelompok masyarakat yang tinggal di Asia bagian Selatan yang merupakan penganut agama Zoroaster yang berasal dari Iran/Persia.

Freddy dijuluki sebagai Superstar Rock pertama dari Asia, ketika dia bersama kelompoknya Queen, mengharubirukan dunia rock dunia era 70-an dan 80-an. Freddy dikenal sebagai seorang biseksual, dan aktif di dalam pesta-pesta gay di masa jayanya.

Dia diduga menderita AIDS di tahun 1986, walau dia selalu membantahnya di setiap kesempatan wawancara dengan media. Dugaan itu semakin kuat ketika kesehatan dan penampilan Freddy terus menurun, hingga ajal menjemputnya pada 24 November 1991.

3. Tom Fogerty

Thomas Richard Fogerty dilahirkan 9 November 1941 adalah gitaris dari kelompok musik Southern Rock yang sangat terkenal, Creedence Clearwater Revival. CCR sangat terkenal di era 70-an dengan beberapa hits yang sekarang dianggap classic seperti Have You Ever Seen the Rain, Proud Mary, Bad Moon Rising, Fortunate Son, dan lain-lain.

Setelah CCR bubar, Tom melanjutkan karirnya sebagai musisi solo dan tinggal di Arizona dengan tenang dan jauh dari masalah. Tom meninggal pada tanggal 6 September 1990 di usia 48 karena TB yang berhubungan dengan AIDS, yang didapatkannya dari transfusi darah yang tercemar HIV ketika penyembuhan penyakit punggungnya.

4. Ofra Haza

Penyanyi wanita Israel kelahiran 19 November 1957 ini sangat terkenal di Aceh akhir 80-an dengan album Shaday dan Desert Wind yang mengandung banyak unsur Timur Tengah. Banyak yang kecele mengira Ofra adalah penyanyi Arab.

Ofra dikenal dengan kehidupan yang bersih dan disiplin. Banyak orang terkejut ketika dia meninggal pada 23 February 2000 karena Penumonia yang berhubungan dengan AIDS. Dugaan terkuat adalah Ofra ditularkan oleh suaminya yang meninggal sebulan kemudian karena overdosis narkoba.

5. Lonnie Pitchford

Gitaris blues kelahiran 8 Oktober 1955 ini adalah salah satu dari sedikit musisi muda yang mau menghidupkan Delta blues dan country blues. Lonnie dianggap sebagai penerus salah satu pionir gitaris Delta blues Robert Johnson.

Lonnie meninggal 8 November 1998 di rumahnya di Lexington karena AIDS.

6. Dan Hartman

Penyanyi disco dan pop Amerika ini lahir 8 Desember 1950 sudah menjual lebih dari 50 juta keping album dan single (termasuk lagu ciptaannya yang dinyanyikan penyanyi lain) di seluruh dunia, serta menelurkan banyak hits selama karirnya, seperti single Instant Replay, Relight My Fire, dan We Are the Young.

Walaupun Dan sangat tertutup dengan kehidupan pribadinya, ternyata dia adalah seorang gay. Hartman meninggal 22 Maret 1994 karena kanker otak yang berhubungan dengan AIDS.

7. Fela Kuti

Salah satu penyanyi terbesar asal Nigeria ini dilahirkan pada 15 October 1938. Musikus, aktifis HAM dan pelopor musik AFROBEAT ini adalah ayah kandung Femi Kuti, musikus Jazz.

Fela kerap berseberangan dengan pemerintah Nigeria dan keluar masuk penjara karenanya.

Fela meninggal 3 Agustus 1997 karena Kaposi’s sarcoma yang berhubungan dengan AIDS. Fela adalah seorang heterosexual. Diduga Fela tertular AIDS dari bekas istrinya.

8. Alan Murphy

Gitaris rock dan fusion jazz Inggris yang bersinar tahun 70-an dan 80-an ini dilahirkan pada tanggal 28 November 1953. Sebagai gitaris session dia terlibat di banyak album milik grup/penyanyi terkenal dunia. Seperti Level 42, Go West, Fusion Orchestra, Paparazzi, Zaine Griff, SFX, Kate Bush, Nick Heyward, Long John Baldry, Joan Armatrading, Mike + the Mechanics, Amii Stewart, Andrew Caine, Eikichi Yazawa, Scritti Politti, So, Miquel Brown, dan lain-lain.

Setelah sukses menjadi gitaris Level 42 dan merilis album Starring at The Sun di tahun 1988, Alan meninggal setahun kemudian 19 October 1989 karena penumonia yang berhubungan dengan AIDS. Tidak diketahui bagaimana Alan bisa terjangkit AIDS.

Source: wikipedia dan berbagai sumber.

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: