“Next to You” – Free Online Course – Walking Bassline – P 01 07

Moritza p107

By: @MoritzaThaher | Source: moritzathaher.wordpress.com |

Hi Bass player,

Karena chord adalah wadah bagi tangganada, maka pengetahuan tentang relasi chord dengan tangganada yang muat diisi kedalamnya sangat dibutuhkan.

HAPPY LEARNING…

 

[Link untuk download PDF ada pada baris paling bawah]

“Relasi Chord dengan Tangganada”

Chord merupakan bingkai bagi suatu scale. Sebuah chord bisa menjadi wadah bagi beberapa tangganada sekaligus. Seperti chord dominant 7 yang bisa mewadahi mixolydian, lydian minor 7, diminished ½ – 1, dll.

Bila chord F7 yang menjadi wadah, maka untuk mengisinya, kita bisa memakai F mixolydian sebagai scale tone-nya (F-G-A-Bb-C-D-Eb-F) atau boleh juga memakai F lydian minor 7 (F-G-A-B-C-D-Eb-F), dan kalau mau boleh juga memakai F diminished ½ – 1 (F-Gb-Ab-A-B-C-D-Eb-F) serta scale lainnya yang muat didalam chord F7 (misalnya  F bebob, F altered, F whole tone dll.). Maka tangganada atau scale tadi disebut tangganada-tangganada milik chord F7.

Nah, kali ini kita akan menggunakan salah satu dari anggota tangganada-tangganada tadi, untuk mendekati nada tujuan di chord tertentu.

“Mendekati Chord Tone Melalui Scale Tone”

Ketika chord F7 ingin mendatangi chord Bb7, maka F7 bisa mendekatinya melalui anggota tangganada- tangganada miliknya yang bersebelahan dengan chord tone milik Bb7.
Jika root dari chord Bb7 (nada Bb itu sendiri) akan kita jadikan tujuan, maka:

(contoh 1) F7 bisa mengutus nada A untuk mendekatinya dari bawah (A adalah anggota dari F mixolydian, F lydian minor 7 dan F diminished ½ – 1 yang bersebelahan dengan Bb).
ex 1

 

(contoh 2) F7 juga bisa mengutus nada B untuk mendekatinya dari atas (B adalah anggota dari F lydian minor 7 dan F diminished ½ – 1 yang bersebelahan dengan Bb).ex 2

 

(contoh 3) F7 juga bisa mengutus nada C untuk mendekatinya dari atas (C adalah anggota dari F mixolydian yang bersebelahan dengan Bb).
ex 3

Bersebelahan artinya 2 nada yang berjarak ½ atau 1 langkah.

Pertajam analisa anda. Kadang-kadang pendekatan scale tone ini memiliki fungsi ganda seperti nada C yang merupakan not yang bersebelahan dengan Bb namun ia juga merupakan nada kelima dari chord F (contoh 3). Nada A yang merupakan scale tone dan chord tone/guide tone (nada ke 3) milik F7 adalah nada kromatik bawah (kb) terhadap Bb7 (contoh 1). Serta nada B pada (contoh 2) yang merupakan scale tone bagi F7 namun menjadi kromatik atas (ka) bagi Bb7. Aha…

(contoh 4) Scale tone juga kita gunakan untuk mendekati fundamental bass dari chord itu sendiri. Pada chord F7, not C yang merupakan fundamental bass (nada ke 5) bagi F7 didekati oleh not D (scale tone dari F mixolydian, F lydian minor 7 dan F diminished ½ – 1 ) dari atas.
ex 4

Kita akan menggunakan scale yang sama dengan F7 untuk chord Bb7 dan C7 pada 12 bar blues progression var. 01 dibawah.

TIPS:
Chord tone = R, b3 atau 3, 5, b7 atau 7
Guide tone = b3 atau 3 dan b7 atau 7
Fundamental bass = R dan 5

SAMPAI BERJUMPA MINGGU DEPAN…

“Next to You”

P 01 07 - L 01 - Next to You

 

Jika anda ingin berbincang-bincang tentang topik ini silakan menghubungi saya secara langsung.

Moritza Thaher/Sekolah Musik Moritza
Jln. Residen Danubroto No. 11–C, Geuceu Kayee Jatoe, Banda Aceh, Call/SMS: 0823.6110.6260

Kunjungi juga:

* soundcloud.com/moritza-thaher
* twitter.com/MoritzaThaher
* facebook.com/moritza.thaher
* facebook.com/SekolahMusikMoritza

[Download PDF disini]

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: