Obituary: Dave Brockie (1963 – 2014)

Dave Brockie

Vokalis band thrash metal GWARDave Brockie, alias Oderus Urungus, ditemukan meninggal dunia di rumahnya di Richmond, Amerika Serikat, Minggu, 23 Maret 2014.

Seperti yang dilansir dari styleweekly, Kepolisian kota Richmond mengkonfirmasi kematian David dengan memberi pernyataan: “Sekitar jam 6:53 malam pada hari Minggu, Kepolisian Kota Richmond mendapat panggilan ke sebuah rumah di Blok 4800 West Seminary Avenue atas sebuah laporan kematian seorang warga.  Ketika polisi tiba, mereka menemukan David M. Brockie, 50 tahun, meninggal di dalam rumah. Detektif tidak menduga adanya bentuk kejahatan apapun dan bagian forensik belum menentukan apa penyebab kematiannya.”

David Murray Brockie dilahirkan pada tanggal 30 Agustus 1963. Mendirikan GWAR pada tahun 1984 yang kemudian dianggap sebagai band metal paling sukses asal kota Richmond. Band ini menarik perhatian para penggemar musik rock dan para jurnalis dan kritikus musik karena dandanan pangung mereka yang nyentrik yang menggabungkan film sains fiksi dan horror, dan lirik yang nyeleneh.

Dave dikenal dengan nama panggung Oderus Urungus  yang didalam mitos GWAR merupakan seorang mahluk luar angkasa barbar yang memiliki tanduk setan dan muka jelek, dan selalu membawa pedang yang diberi nama “Unt Lick” kemana-mana.

GWAR
GWAR

GWAR hingga saat ini telah memiliki 12 studio album, 2 album live, dan 2 album kompilasi, serta 1 mini-album. Mereka telah dua kali mendapatkan nominasi Grammy Award di tahun 1993 untuk kategori  Best Long Form Music Video dan Best Metal Performance pada tahun 1995.

Hingga berita ini diturunkan, belum jelas bagaimana nasib GWAR setelah kematian Dave Brockie.

Farewell Dave! May you rest in peace!

*****

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: