Pelajaran Musik Meningkatkan Daya Ingat

Farhan and Hibran from Sekolah Musik Moritza
Ilustrasi: Farhan dan Hibran dari Sekolah Musik Moritza

Suatu hasil studi dari Kanada, menunjukkan anak-anak muda yang mengambil mata pelajaran musik, mempunyai memori yang lebih baik dibanding yang tidak mengambil pelajaran musik.

Hasil studi yang dipublikasikan di situs resmi Jurnal Otak, menunjukkan setelah satu tahun pelatihan pelajaran musik, anak-anak yang mengikuti pelatihan tersebut menunjukkan peningkatan dalam daya ingat mereka, dibanding sebelum mereka mengambil kelas musik.

“Riset menunjukkan, jika kamu mengambil pelajaran musik, otakmu akan membangun jaringan ingatan dengan cara yang berbeda dibandingkan jika kamu tidak mengambil pelajaran musik,” urai Laurel Trainor, profesor psikologi, neuroscience dan perilaku dari Universitas McMaster, Hamilton, Ontario.

“Ini adalah studi pertama yang menunjukkan perkembangan otak dari anak-anak yang mengikuti pelatihan musik selama satu tahun dan anak-anak yang tidak mengikuti pelatihan tersebut,” ungkap Trainor, yang memimpin studi tersebut.

Studi itu dilakukan dengan cara, selama satu tahun mengadakan pelatihan dengan berbagai mata pelajaran, mereka mengambil empat model pengukuran yang dibagi dalam dua kelompok dengan usia antara empat dan enam tahun, yang mengambil pelajaran musik dan yang tidak mengambil pelajaran musik dalam pelatihan tersebut. Dan dalam waktu singkat, sekitar empat bulan, terjadi perubahan yang signifikan pada kedua kelompok anak-anak tersebut.

Anak-anak yang mengambil mata pelajaran musik, dalam suatu tes diminta untuk membeda-bedakan keselarasan, irama dan nyanyian dan tes daya ingat, yang mana sebelumnya mereka diperdengarkan satu rangkaian angka-angka, mengingatnya dan mengulanginya kembali.

Tainor mengatakan, dari studi sebelumnya, diperlihatkan anak-anak yang lebih tua usianya yang mengambil mata pelajaran musik, mempunyai peningkatan lebih besar pada prestasi IQ dibanding anak-anak yang mengambil pelajaran drama. Ini adalah studi pertama untuk mengidentifikasi untuk pengukuran kemampuan dasar anak-anak tersebut.

Dari hasil tersebut disimpulkanlah bahwa musik membawa perubahan pada kemampuan daya ingat, memori hurus, matematika, dan IQ anak-anak. Karena itulah disarankan agar memperbanyak pelajaran musik pada anak-anak.(berbagai sumber/Ijs)

Source: Indosiar.com

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: