Promosi Laris lewat Video Minimalis

Ilustrasi : www.nickcave.com
Ilustrasi : www.nickcave.com

Di era social networking ini, video musik dapat dengan mudah diakses melalui laman galeri seperti Youtube. Musisi dari manapun dengan genre apapun, selama terhubung dengan internet,  dapat dengan mudah mengunggah video musik mereka untuk dipromosikan. Pengunjung pun dapat dengan mudah memberi rating, dan dapat membaginya melalui akun jejaring sosial mereka seperti Facebook atau Twitter hanya dengan sekali klik. Musisi pun dapat dengan mudah berinteraksi dengan pengunjung yang menitipkan komentar atau memberi like pada video mereka. Ini merupakan celah promosi murah meriah yang harus dimaksimalkan oleh musisi.

Namun, membuat video musik bukanlah cuma keputusan sepintas lalu untuk mendukung promosi. Ada keputusan bisnis disana. Bayangkan, untuk membuat sebuah video musik yang keren, dibutuhkan juru kamera yang handal dengan perangkat lensa yang oke punya, juga proses editing yang mungkin memakan waktu dan skill tersendiri, dan pastinya butuh dana yang tidak sedikit untuk bisa menghasilkan video yang berkualitas. Perlu adanya strategi khusus untuk mensiasati hal ini, terutama bagi musisi indie dengan dana yang minimalis.

Jangan cepat putus asa, rekan-rekan. Mari kita coba intip Lyric Video.

Apa itu Lyric Video ? Sederhana, video musik yang berupa lirik dari lagu yang divideokan tersebut. Tidak seperti video karaoke tentunya, karena ada “kreativitas” yang ditampilkan disini. Dengan perangkat sederhana,biaya yang terjangkau, dan sedikit ide kreatif bisa menghasilkan sebuah video musik yang kualitasnya bisa diadu. Meskipun tetap, kualitas lensa kamera dan juru edit masih menjadi titik fokus utama dalam pembuatan video musik, namun dengan Lyric Video dua hal tersebut bisa di optimalkan. Dan yang pasti biaya produksi dapat ditekan sedemikian rupa, dan dapat ditampilkan secara gratis pula di galeri-galeri video di internet.

Tunggu apalagi? Ayo berpromosi lewat Lyric Video!

Caleb Hawley

Deni Gauthier

* Pepnosaurus alias Febri Rahadi adalah musisi Aceh yang sedang mengambil program master bidang ekonomi di Yuan Ze University, Republic of China.

Facebook Comments

One thought on “Promosi Laris lewat Video Minimalis

  • July 22, 2013 at 12:07 pm
    Permalink

    Thanks, Info yang bermanfaat.

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: