Guitar Legend: Dimebag Darrel (1966 – 2004)

dimebag

Oleh T. Syahputra “Petrozzo” Leotik

Pembaca, kali ini saya akan membahas salah satu gitaris favorit saya, Darrel Lance Abbot atau yang lebih dikenal dengan Diamond Darrel atau Dimebag Darrel. Menurut Mbah Google, Darrel  lahir tanggal 20 Agustus 1966 di Ennis, Texas. Anak dari seorang penyanyi, produser dan pencipta lagu country yang terkenal, Jerry Abbot.

Dimebag Darrel adalah gitaris PANTERA,band groove-metal asal Texas yang terkenal. Album mereka Vulgar Display of Power termasuk sangat fenomenal di belantika musik metal. Di Banda Aceh band-band metal rata-rata pernah membawakan lagu Pantera di panggung. Bersama abangnya Vinnie Paul (drum), Darrel membentuk Pantera di tahun 1981. Bergabung kemudian Rex Brown (bass) dan Philip Anselmo (vokal), Pantera memberikan warna baru didalam musik heavy metal terutama lagu-lagunya yang groovy (efek permainan drum Vinnie Paul, bass Rex Brown dan rhythm Darrel), vokal Anselmo yang cadas, dan tone gitar Darrel yang memang berbeda dan unik.

Untuk info album-album Pantera, ini listnya:

1. Label Metal Magic (minor/indie)

  • Metal Magic (1983)
  • Projects in the Jungle (1984)
  • I am the Night (1985)
  • Power Metal (1988)

 2. Warner Music Group ( Atco Records dan East West Records)

  • Cowboys From Hell (1990)
  • Vulgar Display od Power (1992)
  • Far Beyond Driven (1994)
  • The Great Southern Trendkill (1996)
  • Reinventing the Steel (2000)

Kelar mengeluarkan album Power Metal 1988, Darrel ikut audisi untuk posisi lead gitar Megadeth. Dave Mustaine sangat tertarik dan memilihnya untuk bergabung. Darrel meminta agar abangnya Vinnie Paul juga diajak bergabung. Sayangnya Mustaine sudah duluan mengajak Nick Menza di posisi drum. Darrel akhirnya menolak, dan Mustaine lalu mengajak Marty Friedman.

Pantera vakum tahun 2001 (tidak pernah bubar sampai sekarang), disebabkan ketegangan yang ditimbulkan karena penyalahgunaan obat-obatan oleh Philip Anselmo. Darrel dan Vinnie membentuk Damageplan di tahun 2002, dan konser dimana-mana sebelum mengeluarkan album New Found Power di Februari 2004. Album ini laris manis dan Damageplan pun sangat menjanjikan.

Pada tanggal 8 Desember 2004, Damage Plan konser di Alrosa Villa Inn di Columbus, Ohio. Seorang fan Pantera yang diduga mengalami paranoid schizophrenia, bernama Nathan Gale naik ke atas pentas dan menembak Dimebag Darrel tiga kali di kepala. Gale juga membunuh tiga orang lagi dan melukai 7 orang lainnya. Gale sendiri terbunuh oleh tembakan polisi. Darrel dikuburkan di Arlington, Texas. Bersamanya ikut dikuburkan gitar Eddie Van Halen – Charvel Bumblebee yang bergaris hitam-kuning. Darrel pernah meminta gitar tersebut di awal 2004. Eddie menjanjikan akan memberikan sebuah copy, namun mendengar kematian Darrel, Eddie memberikan Bumblebee yang asli untuk dimasukkan ke dalam peti Darrel.

Dimebag Darrel mengaku dirinya mendapat pengaruh besar dari band-band seperti Anthrax, Metallica, Megadeth, Slayer, Ace Frehley (Kiss), Joe Satriani, Tony Iommi (Black Sabbath), Van Halen, Rhandy Rhoads, dll.

Darrel di-endorse oleh Dean Guitars sejak tahun 1980-an. Gitar yang dipakainya adalah Dean ML dengan pick up Bill Lawrence USA L500XL. Tahun 1994 Darrel diendorse Washburn Guitar, tapi kembali ke Dean di awal 2004. Beberapa bulan sebelum tewas, Darrel mendesain gitar bersama Dean yang dinamakannya Razorback dengan pick up EMG. Ampli yang dulu dipakainya adalah Randall Century 200 heads dan Randall Warhead, kemudian menggunakan ampli Krank Revolution dan ikut mendisain sebuah ampli yang kemudian diberi nama Krankenstein. Selain Bill Lawrence, Darrel juga memakai Seymour Duncan SH-13 Dimebucker. Untuk effect dia memakai Jim Dunlop Crybaby From Hell, MXR pedal distortion, Digitech Whammy, Korg DTR 2000 dan senar Dr String.

Beberapa lagu Pantera yang wajib didengar oleh gitaris metal: Cemetery Gates, Walk, Floods, Mouth for War, dll

Demikian pembaca, tulisan mengenai sosok Dimebag Darrel yang tidak akan pernah kita lupakan, semoga bermanfaat.

Dimuat di: Sportasik.com

Facebook Comments

4 thoughts on “Guitar Legend: Dimebag Darrel (1966 – 2004)

Leave a Reply

%d bloggers like this: