Album Yang Merubah Hidup Steve Vai: “West Side Story: Original Broadway Cast Recording’

Steve vai 2
Steve Vai | Photo source: shanghai247.net

Salah satu artikel yang menyajikan nama-nama album yang menginspirasi seorang gitaris level dunia di Majalah Guitarworld“The Record that Changed My Life”  kali ini mengambil topik album apa yang “merubah” kehidupan seorang Steve Vai.

Album tersebut adalah West Side Story – Original Broadway Cast Recording yang diterbitkan tahun 1957.

Berikut petikan yang kami ambil dari artikel tersebut:

Aku masih berusia sekitar tujuh atau delapan tahun ketika pertama kali mendengar West Side Story, dan album itu memberi pengaruh besar kepadaku.

Jika kamu memperhatikan elemen-elemen yang ada di dalam album tersebut, berisikan hal-hal yang mirip  kukerjakan sekarang ini. Album tersebut memiliki sejarah, melody dan lirik yang indah (tidak ada yang mampu melawan Leonard Bernstein dan Stephen Sondheim dalam hal ini).

Selain melodi yang indah dan mempesona, West Side Story memiliki attitude dan energi yang dashyat dan berlimpah. Album ini sangat emosional, teatrikal dan teknikal. Semua ada di dalamnya.

Karena aku masih kecil, jenis musik seperti ini memberikan semacam ide kebebasan kepadaku. Musik di album ini tidak berorientasi groove atau beat, dan tidak terikat dengan kaidah-kaidah struktur lagu pop biasa. Mereka melakukan apapun yang mereka mau. Ketika pertama kali mendengarnya, aku berpikir inilah jenis musik yang ingin kumainkan.

Dan kamu bisa melihat pengaruhnya di dalam permainanku. Dari note pertama yang kurekam di dalam album pertamaku, aku dengan penuh kesadaran membuat keputusan untuk mencoba dan bermain dengan “tidak biasa”.

*****

Pada tahun 1996, produser David Pack mengumpulkan sejumlah musisi dunia untuk merekam lagu-lagu Leonards Bernstein dan Stephen Sondheim yang kemudian diterbitkan menjadi sebuah album yang berjudul “The Songs of West Side Story”, yang penjualannya disumbangkan untuk sebuah sekolah yang pernah dirintis oleh Bernstein di Nashville.

Steve Vai ikut berpartisipasi hadir di album ini di dalam lagu Rumble bersama sekelompok musisi monster. Rumble diproduksi dengan konsep “battle” antara  Chick Corea’s Elektric Band (Chick Corea – keyboards, Dave Weckl – drums, Frank Gambale – guitar, Jimmy Earl – bass, Eric Marienthal – saxophone) vs. Steve Vai’s Monsters (Steve Vai – guitar, Simon Phillips – drums, John Pena – bass, David Paich – keyboards, Lenny Castro – percussion.)

Simak lagu RUMBLE dari Chick Corea’s Elektric Band vs Steve Vai’s Monsters

Klip dari ‘West Side Story: Original Broadway Cast Recording’

Tunggu artikel berikut yang membahas profil Leonard Bernstein dan Steve Vai di acehmusician.org!

Steve Vai | Photo source: shanghai247.net
Facebook Comments

One thought on “Album Yang Merubah Hidup Steve Vai: “West Side Story: Original Broadway Cast Recording’

  • September 15, 2013 at 5:34 am
    Permalink

    Menunggu artikel tentang salah satu komposer favorit saya: Leonard Bernstein…

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: