SABANG JAZZ kembali digelar 18 Oktober ini

image

Dalam rangka memperkenalkan Sabang sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI didukung oleh Pemerintah Kota Sabang kembali akan mempersembahkan Sabang Jazz untuk yang kedua kalinya yang akan digelar Sabtu Oktober 2014 pukul 19:00 bertempat di Sabang Fair, tidak dipungut biaya dan terbuka untuk umum.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, DR Sapta Nirwandar menyatakan, “Kami ingin mendorong adanya seri festival jazz di seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke karena musik jazz sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan berbagai musik etnik Nusantara sehingga cocok untuk menjadi bagian dari program unggulan untuk mempromosikan pariwisata sekaligus sarana meningkatkan industri ekonomi kreatif bidang musik .

Sejumlah musisi Jazz dari Indonesia dan luar negeri telah menyatakan siap ambil bagian. Adapun para bintang yang kali ini akan tampil adalah penyanyi jazz terkemuka SYAHARANI yang akan tampil bersama DWIKI DHARMAWAN dan Farabi All Stars. Sedangkan musisi internasional yang akan tampil kali ini adalah KAMAL MUSALLAM, musisi jazz berdarah Palestina /Lebanon yang bermukim di Dubai . Kamal adalah juga komposer dan pimpinan grup musik dunia EASTMANIA.

Tak ketinggalan musisi jazz asal Aceh sendiri yaitu Moritza Taher Quartet dan Meurandeh Band juga akan tampil ambil bagian pada 2nd Annual Sabang Jazz 2014 ini.
Direktur Festival Dwiki Dharmawan menambahkan : “Sebagai NOL KILOMETER nya INDONESIA, Sabang Jazz Festival akan menjadi inspirasi sekaligus seri pertama untaian Jazz Festival di Indonesia sekaligus juga memperkenalkan Sabang sebagai destinasi pariwisata unggulan”.

SYAHARANI

Syaharani yang memiliki nama lengkap Saira Syaharani Ibrahim lahir di Batu, Jawa Timur, 27 Juli 1971 adalah penyanyi sekaligus penulis lagu dan produser jazz terkemuka Indonesia. Perempuan berdarah Bone, Sulawesi Selatan yang akrab dipanggil Rani ini hingga 2006 telah merilis 3 solo album jazzy dan satu pop trip-hop (Magma). Dia pernah juga mewakili Indonesia di North Sea Jazz festival 2001, Syaharani pun pernah menjadi bintang tamu dalam konser Al Jarreau, Dave Koz, Keith Martin dan Yellow Jackets serta Fourplay. Tak hanya menyanyi, Rani juga menjadi aktris dalam teater musikal Madame Dasima, Gallery of Kisses di TIM Jakarta, film Garasi produksi Miles Film, serta membuat theme song dan vocal illustrator film “Betina” produksi 9 Palm Films (pemenang NETPAC Award Festival Film Asia 2006). Pada 2nd annual SABANG JAZZ 2014 ini Syaharani akan berkolaborasi dengan Dwiki Dharmawan.

KAMAL MUSALLAM
www.kamalmusallam.net

Ia adalah seorang Arabic Fusion Guitarist yang juga sekaligus signature artis IBANEZ Guitar untuk type Arabic Guitar dan Oud.
Grup musiknya bernama EASTMANIA dimana musisi Indonesia Dwiki Dharmawan juga menjadi anggotanya. Kunjungannya ke Indonesia bukan yang pertamakalinya karena sebelumnya Kamal Musallam pernah tampil di JavaJazz Festival dan ASEAN Jazz Festival Batam. Ada misi khusus kedatangan Kamal Musallam ini yaitu ingin napak tilas IBNU BATUTA sehingga suatu saat akan menjadi inspirasi dari project musik dengan latar belakang penjelajahan Ibnu Batuta. Kamal Musallam akan berkolaborasi dengan Farabi All Stars , jazzer-jazzer muda binaan Dwiki Dharmawan.

DWIKI DHARMAWAN
www.dwiki.com

Ia adalah tokoh musik Indonesia yang juga kerap menjadi duta budaya Indonesia di mancanegara. Dwiki pernah tampil di North Sea Jazz Festival, Montreux Jazz, Vancouver Jazz, Vienna JAzz, FEstival Cervantino Mexico dan puluhan Festival Musik internasional lainnya baik bersama grup nya KRAKATAU maupun project kolaborasinya dengan musisi mancanegara seperti Jimmy Haslip, Walfredo Reyes Jr dan lain-lain. Dwiki baru baru ini diundang UNESCO untuk tampil pada Konser Orckestra Kontemporer *Salute to Nanjing* dalam rangka World Historical Cities Expo 2014. Di tanah air Dwiki menjadi direktur artistik dari berbagai perhelatan seperti AseanJazz Festival Batam, Jazz on The BEach Bangka BElitung, Sabang Jazz dan lain-lain.

2nd annual SABANG JAZZ 2014 ini didukung oleh banyak media partner dan media pendukung, dan akan diadakan di kawasan Sabang Fair tidak dipungut bayaran.

(press release)

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: