Santet rayakan ultah ke-20 di Hammersounds Purwokerto

Read English article about this event here: Santet to celebrate 20th anniversary at Hammersounds Purwokerto

Veteran black metal asal Purwokerto Santet akan merayakan ulang tahun ke-20-nya di event Hammersounds Purwokerto yang dihelat pada tanggal 9 Juli 2017, bertempat di Nice Time Alun-alun, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Tujuh belas band metal masuk dalam daftar penampilan sementara, termasuk band death metal asal Malaysia As I End, Cadaver (Jakarta), kugiran black metal asal Garut Zihad, dan band terkenal lainnya yang berasal dari Purwokerto, Semarang, Pekalongan, Cirebon, Brebes, Tasikmalaya and Bandung. Pesta ultah ini diselenggarakan oleh Verde Musica.

Santet merayakan 20 tahun perjalanan bermusik yang dimulai sejak 1997, ketika Budi Bawono membubarkan band sebelumnya Ziarah (didirikan tahun 1993) untuk memulai sebuah proyek band black metal. Kemudian Budi menjadi tak terbendung dan membuat Santet terkenal sebagai salah satu band black metal yang paling rajin menelurkan album. Hingga hari ini, Santet sudah merilis 5 album studio dan menyertakan lagu-lagu baru (cukup untuk materi sebuah EP) dalam dua buah album split.

Portofolio band ini terdiri dari:

  1. Creatures of Darkness (self-released, 1998)
  2. Mahar Hutan Larangan (split with Drosophila, Holy Flesh Records, 1999)
  3. Enthroned the Black Domain (Disharmony Records, 2000)
  4. Babad Kultus Sihir (Master of Disharmony Records, 2003)
  5. Pendulum Neraka Jahanam (split with Mourning Beloveth, Master of Disharmony Records, 2003)
  6. Tumbal 666 (self-released, 2013)
  7. Ritual of Horror (Bajak Neraka Records, 2016)

Formasi terakhir terdiri dari Budi Bawono (vocals), Imam Muthziliyah (bass), The Plink (drums), Adie Hell Thunder (guitars), dan Agoes Pow Act (keyboards, synths).

Band melodic death metal asal Seremban As I End sedang menanti peluncuran debut EP berjudul The Broken Arch, yang dijadwalkan akan dirilis di catur wulan ketiga 2017.

Dibentuk di tahun 2004 sebagai Farewell oleh tiga serangkai Shiz (bass), Zul (guitars) dan Faliq (drums), band ini kemudian menanggalkan nama tersebut dan memakai nama yang digunakan sekarang, setelah Faliq cabut di tahun 2006. As I End sempat vakum di tahun 2010 dan kembali eksis pada awal 2016. Formasi teranyar terdiri dari Apai (vocals), Zul (bass), Nuar Endwar (drums), Yin NecroManceR (guitars), dan Udayne (guitars).

****

Dalam wawancaranya baru-baru ini dengan www.Musik.or.id, Budi Bawono menjelaskan mengenai band dan show tersebut. Dia mengatakan Hammersounds (sebelumnya ditulis sebagai Hammersound) merupakan sebuah brand yang identik dengan Santet. Tahun lalu, dua buah show diadakan di Jakarta dan Semarang dibawah nama ini untuk mempromosikan album studio kelima (dari tujuh total keseluruhan) yang berjudul Ritual of Horror.

Konser di Jakarta dihelat di  Grand Charly Rawamangun, Jakarta Timur pada tanggal 11 September mengetengahkan Grausig, Krematist, Hard to Kill, Almarhum, dan lain-lain. Show tersebut diselenggarakan oleh Bajakneraka Records dan Blackustadz Records, sebuah label milik Budi Bawono.

Konser di Semarang diadakan di Grand Charly Semarang pada tanggal 8 Oktober dengan penampilan dari Cultural, Radical Corpse, Histeria, Propaganda, Jagathing Lelembut, Kamar Mayat 666, Fanasia, dan lain-lain. Gig tersebut dihelat oleh Chaos Organizer dan Blackustadz Records.

Lulusan Fakultas Hukum Universitas Soedirman ini menambahkan untuk menyelenggarakan pesta ulang tahun tersebut dia mengontrak event management local bernama Verde Musica.

CURRENT LINE UP

SANTET (Purwokerto)
AS I END (Malaysia)
BURNING DOG (Purwokerto)
ZIHAD (Garut)
METALLIAR (Purwokerto)
BLACK PROTECTOR (Bandung)
RED FIRE (Semarang)
MANTICORE (Cirebon)
CADAVER (Jakarta)
ABIGAILS (Purwokerto)
BACOT HC (Cirebon)
PATIMURA (Bumiayu)
SENSORIUM (Tasikmalaya)
THE SAINT (Purwokerto)
CHIGURA (Pekalongan)
HISTORY OF MUTILATION (Sirampong)
YAKUZA (Garut)

Tiket tersedia dengan harga 35 ribu perak. Untuk informasi lebih lanjut mengenai even ini dan merchandise resminya, penyelenggara dapat dihubungi di nomor  082280201001 dan 0816698311.

*****

 

Facebook Comments

One thought on “Santet rayakan ultah ke-20 di Hammersounds Purwokerto

Leave a Reply

%d bloggers like this: