Sejarah Musik Jazz: Ragtime (Periode 1890 – 1910)

scottjoplin

Musik jazz telah melewati sejarah yang cukup panjang. Berawal dari New Orleans, jazz telah menjelma menjadi sebuah industri musik yang mapan dan memiliki penggemar yang fanatik.

Berikut ini adalah berbagai style dalam jazz yang kami hadirkan untuk anda dari majalah jazz horizon-line.com dengan seizin founder-nya Mr. Yollis Michdon Netti

Ragtime

Periode 1890 – 1910

Ragtime adalah genre musik asli Amerika yang mengalami puncak kepopuleran antara tahun 1897-1918. Genre ini bahkan bisa dikatakan adalah musik asli Amerika sebelum munculnya musik jazz. Ragtime pada awalnya dimainkan di berbagai bar dan klub malam kelas rendah di St Louis dan New Orleans. Ragtime muncul setelah perbudakan dihapuskan di Amerika Serikat. Masyarakat kulit hitam yang sudah bebas, sulit memperoleh pekerjaan sehingga mereka memaksimalkan kemampuan bermusik mereka untuk menopang hidup.

Ragtime merupakan modifikasi musik mars dengan irama musik Afrika yang dipopulerkan oleh John Philip Sousa, seorang komposer musik-musik militer Amerika. Salah satu musisi ragtime terkenal adalah Scott Joplin (1867-1917) yang menelurkan karya klasik Maple Leaf Rag pada tahun 1899. Karya ini kemudian banyak mempengaruhi berbagai komposisi ragtime pada saat itu.

Kepopuleran ragtime mulai pudar pada tahun 1917, namun sejak itu telah dilakukan banyak upaya membangkitkan kembali genre ini. Pada dekade 1940-an, para musisi jazz mulai memasukkan unsur-unsur ragtime ke dalam berbagai karya mereka. Pada era 1950-an, berbagai kompisisi ragtime masa lalu kembali direkam dan kompisisi-kompisisi ragtime baru diciptakan. Pada tahun 1971, Joshua Rifkin masuk nominasi Grammy Award setelah merekam kembali karya-karya Scott Joplin. Bahkan salah satu komposisi Joplin tahun 1902, The Entertainer yang menghiasi film The Sting, mampu menembus tangga lagu top 40 pada tahun 1974.

Sebagian kritikus musik menilai ragtime sangat mempengaruhi warna musik Amerika di abad ke-20.  Ragtime, terutama karya-karya Scott Joplin, disetarakan dengan karya-karya musik klasik Mozart, Chopin atau Brahms. Bahkan, unsur-unsur ragtime juga sangat mempengaruhi sejumlah komposer musik klasik misalnya Claude Debussy dan Igor Stavinsky.

Musisi Ragtime:

Scott Joplin, Eubie Blake Listen Now, James P. Johnson, Joseph Lamb, John Mooney, Max Morath, Burt Bales, Ann Charters, Jim Europe, Sue Keller, Paul Lingle, The New Orleans Ragtime Orchestra, The Paragon Ragtime Orchestra, Terry Waldo, Dsb.

Album Ragtime:

Kings of the Ragtime Banjo (Various Artist), Piano Rags by Scott Joplin — Vol. 1 (Joshua Rifkin), Snowy Morning Blues (James P. Johnson), The 86 Years of Eubie Blake (Eubie Blake), Against the Wall (John Mooney), Blues and Rags [1917-1921] (Eubie Blake), Elite Syncopations:Classic Ragtime from Rare Piano Rolls (Scott Joplin), Harlem Stride Piano (James P. Johnson), Hokum:Blues & Rags [1929-30] (Various Artists), Ol’ Muddy (Sue Keller), Dsb

(Ervan/Yollis/berbagai sumber)

Source: horizon-line.com

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: