Serba-serbi Dawai Bass (bagian 1)

daddario_flatwound_chromes

by: Tebonk Muntazier (B-Bass Aceh, Inverno)

Konstruksi Dawai Bass

Ada banyak sekali jenis dan pilihan dawai bass/ bass string yang tersedia di pasaran. Memahami berbagai aspek dari dawai bass akan membantu kita di dalam memutuskan jenis apa yang harus dipakai dan dibeli.

Setiap dawai bass terdiri dari dua macam string: string inti (core string) dan string yang melilit (wrap wire/winding).

Core string adalah kawat tebal yang menjadi inti sebuah dawai. Core string diselubungi oleh kawat yang lebih kecil yang dipilin secara spiral. Lilitan kawat kecil (wrap wire/winding) tersebut berfungsi menambah kecemerlangan suara (tone) pada string.

String Construction

Core string ada yang berbentuk bulat (round core) ataupun segi 6 (hex core).

Tipe-tipe Dawai Bass Guitar

Perbedaan konstruksi pada dawai bass biasanya disebabkan oleh jenis lilitan. Ada dua jenis lilitan utama dan beberapa jenis lain yang merupakan campuran dari keduanya. Dua lilitan utama tersebut adalah roundwound dan flatwound.

1. Roundwound Bass Strings

Roundwound

Roundwound memiliki wrap wire berbentuk bulat yang melilit inti. String Roundwound adalah jenis yang paling umum dan terdengar lebih bright dibandingkan flatwound. Terasa sedikit lebih kasar karena memiliki lebih banyak alur. Bunyi decit/finger nose akan lebih banyak terdengar karena alur-alur ini.

String Roundwound digunakan di hampir semua jenis permainan bass. Sangat penting dalam menghasilkan slapping, popping dan tapping dengan bright yang bagus.

Ketika baru dipasang, string  ini akan menghasilkan suara yang sangat bright. Tetapi akan normal setelah seminggu.

2. Flatwound Bass Strings

Flatwound

Flatwound memiliki wrap wire berbentuk seperti pita pipih/petak yang melilit inti. Suara yang dihasilkannya terasa mellow, halus dan lembut. Sedikit menghasilkan bunyi decit/finger nose karena memiliki alur yang lebih sedikit. String jenis ini akan memiliki umur bermain yang lebih panjang karena gampang sekali untuk membersihkan kotoran dan minyak yang melekat.

String flatwound akan susah untuk di-bending dan cocok sekali untuk bass fretless. Tentunya akan lebih pas untuk memainkan Jazz dan Reggae  dibanding Rock, R & B dan Funk.

Flatwound umumnya lebih mahal dari Roundwound.

3. Groundwound, Halfround dan Pressure Wound Bass Strings

Halfwound, ground wound, pressure wound

Ada beberapa string jenis lain dengan kualitas tone dan finger nose yang dihasilkan berada di antara Roundwound dan Flatwound.

String jenis ini cara pembuatannya mirip dengan Roundwound, kemudian digosok dan dihaluskan (grinding, asal-muasal nama ground wound) atau di-press bagian luarnya hingga  menjadi hampir flat.

Proses penghalusan menyebabkan hampir setengah massa dari wrap wire akan hilang. Untuk mengatasi masalah ini, pabrikan biasanya akan menggunakan wrap wire dengan ukuran yang lebih besar dari normal yang digunakan pada Roundwound. Proses ini akan menyebabkan harganya lebih mahal dari Roundwound, tetapi masih lebih murah dibandingkan Flatwound.

Bersambung ke Serba-serbi Dawai Bass (bagian 2)

 

GLOSSARY

  • Core string = kawat tebal yang menjadi inti dawai
  • Wrap wire/winding = kawat tipis yang melilit core string
  • Round core = core string yang berbentuk bulat
  • Hex core = core string yang berbentuk segi enam
  • Bright tone = suara yang nyaring/lantang/cemerlang
  • Finger Nose = bunyi decit atau ketak-ketuk yang dihasilkan senar bass ketika dipetik atau digeser.

Source: Wikipedia, tunemybass.com, etc

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: