SOS Desa Taruna Banda Aceh ramaikan Aksi Solidaritas untuk Diana

by IHAN NURDIN |Kamis, 11 April 2013 08:20:00 | Source: Atjehpost

MEMILIKI visi Setiap Anak Dibesarkan dalam Keluarga dengan Kasih Sayang, Rasa Dihormati dan Rasa Aman, SOS Desa Taruna sangat antusias berpartisipasi dalam kegiatan Aksi Solidaritas untuk Diana yang dibuat oleh berbagai komunitas anak muda Aceh pada 12-13 April 2013 besok.

Dalam aksi yang digelar di Masjid Raya Banda Aceh setelah salat Jumat besok, anak-anak didik di SOS Taruna akan ikut menyuarakan gerakan moral ini.

SOS Desa Taruna adalah Yayasan Sosial SOS Desa Taruna Indonesia yang bergerak di bidang pengasuhan anak-anak yatim piatu dalam keluarga berjangka panjang.

“Tujuan yayasan kami memberi masa depan yang lebih cerah bagi anak-anak yang kurang beruntung,” kata Lia, pengurus SOS Taruna Banda Aceh, kepada ATJEHPOSTcom.

Yayasan ini bersifat nirlaba dan non politik. Merupakan anggota dari SOS-Kinderdoft International, salah satu organisasi kesejahteraan anak yang terbesar  di dunia, yang mengelola 1.500 fasilitas social dan pendidikan di 132 negara. Lebih dari 250.000 anak mendapat naungan. Tempat pendidikan dan berbagai program pengembangan pendidikan di berbagai tempat di seluruh dunia.

Di Indonesia SOS Desa Taruna pertama kali didirikan di Lembang, Bandung,  pada tahun 1972, di atas tanah seluas 5 hektar sebagai sumbangan Pemerintah Daerah Jawa Barat.

Saat ini SOS Desa Taruna sudah ada di Cibubur, Jakarta, Semarang, Tabanan, Maumere, Medan, Banda Aceh dan Meulaboh.

Pengurusnya membesarkan anak-anak dengan memberi rumah tinggal dan bukan asrama. Di rumah mereka memiliki adik dan kakak, dan yang terutama memiliki seorang ibu pengasuh permanent yang berperan layaknya seorang ibu kandung dalam sebuah keluarga.

Keluarga SOS terdiri dari seorang Ibu Pengasuh, dan 8-10 anak dengan rentang usia berjenjang. Dengan begitu, setiap anak akan kembali merasa memiliki keluarga dan orang tua yang secara permanent menyayangi, melindungi dan memberi  perhatian fisik dan afektif kepada mereka secara berkesinambungan.

Dalam membesarkan anak-anak tersebu. SOS Desa Taruna berupaya untuk memberikan kesempatan yang terbaik pada anak-anak. Untuk itu berbagai sarana dan prasarana yang menunjang akan pula disediakan, sehingga mereka bisa menjadi seseorang yang memiliki arti dan berperan positif di masyarakat kelak. Untuk itu pendidikan akademis dan ekstra kurikuler merupakan kegiatan yang sangat penting untuk persiapan masa depan anak-anak kita.

Anak-anak SOS Desa Taruna Banda Aceh, NAD akan dibesarkan dan dididik dalam budaya Aceh dan dengan lingkungan dan pendidikan yang Islami. Sehingga anak-anak SOS Desa Taruna Banda Aceh dapat berkembang sesuai dengan budaya lingkungannya yang bernafaskan Islam.

Yayasan SOS Desa Taruna sangat mendukung program pemerintah untuk menolong anak-anak yatim piatu dan kurang beruntung. “Selain itu keberadaan Yayasan kami juga mempunyai manfaat bagi masyarakat Aceh secara khusus dan bangsa Indonesia pada umumnya,” katanya.

PENDIDIKAN DAN PENGASUHAN

Prinsip dasar pendidikan dan psikologis yang jelas dan terarah dalam pengasuhan SOS Desa Taruna Banda Aceh mengantarkan anak-anak menuju kemandirian melalui cara pengasuhan berdasarkan : Kasih sayang, rasa aman dan berkesinambungan dalam keluarga-keluarga SOS Desa Taruna Banda Aceh. Pendidikan yang bermutu di sekolah, perguruan tinggi maupun lembaga keterampilan

FASILITAS KETERAMPILAN YANG BERAGAM UNTUK KEGIATAN PERKEMBANGAN BAKAT DAN MINAT

Anak-anak SOS Desa Taruna tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang dinilai oleh para ahli sebgaai ‘terbaik setelah keluarga alami’ . Mereka tinggal bersama Ibu Asuh dan ‘adik kakak’ dalam satu rumah.

Para pendidik dan ibu Asuh membesarkan, mendidik, mengasuh dan memperhatikan kebutuhan fisik, emosional, spiritual dan kognitif anak-anak yang dipercayakan kepada mereka. Anak-anak dibantu SOS Desa Taruna sampai mereka mandiri

KARYA SOS DESA TARUNA INDONESIA DI SELURUH INDONESIA

SOS Desa Taruna  Lembang           – Rumah Remaja di 6 Propinsi

SOS Desa Taruna  Jakarta                – Bengkel Latihan Kerja

SOS Desa Taruna  Semarang          – Pusat Pendidikan dan Pelatihan

SOS Desa Taruna  Bali                      – Sekolah Dasar

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: