Merayakan Hari Jazz Dunia 30 April 2013

Jazzday

Sejak tahun 2012, tanggal 30 April diperingati sebagai International Jazz Day. Penetapan ini terjadi pada tanggal 21 Oktober 2011 di General Conference yang diadakan di Paris oleh UNESCO.

Hari Jazz Dunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dunia akan pentingnya peranan Jazz sebagai alat edukasi; Jazz sebagai kenderaan untuk perdamaian, persatuan dan dialog; dan juga Jazz untuk peningkatan kerja sama antar masyarakat.

Perayaan International Jazz Day yang pertama digelar di Paris, diorganisir oleh UNESCO dan Thelonious Monk Institute of Jazz, dibuka oleh boss UNESCO Irina Bukova dan UNESCO Goodwill Ambassador Herbie Hancock. Untuk tahun ini akan dilaksanakan di Istanbul, Turki.

Pemilihan Istanbul sebagai tuan rumah tahun ini dikarenakan Turki mempunyai tradisi Jazz sejak lama. Duta Besar Turki untuk Amerika Serikat pada tahun 1930-an, Munir Ertegun (Ayahnya Ahmad Ertegun almarhum, pendiri Atlantic Records), membuka kedutaannya untuk musisi Jazz Afrika-Amerika sehingga bisa berkumpul dan bermain musik secara bebas. Kemurahan hati Munir Ertegun ini ikut membantu perkembangan musisi Jazz Afrika-Amerika yang terkungkung oleh segregasi sosial yang terjadi di Amerika di masa itu. Kedua putra Munir: Ahmed dan Nesuhi Ertegun kemudian mendirikan Atlantic Records, perusahan rekaman Jazz  Amerika pertama di tahun 1947 yang kemudian menjadi motor penggerak penyebaran Jazz di seluruh dunia.

Tanggal 30 April dipilih sebagai hari peringatan ini dikarenakan tidak ada peringatan/event dunia di tanggal tersebut, dan berkaitan dengan bulan April yang menjadi Bulan Jazz  di Amerika Serikat.

Selama bulan April 2013, acehmusician.org turut serta merayakan Hari Jazz Dunia ini dengan menulis ulang secara marathon artikel-artikel mengenai Sejarah Jazz yang di ambil dari www.horizon-line.com dengan seizin founder-nya Mr. Yollis Michdon Netti.

Untuk link mengenai Sejarah Jazz bisa di klik disini: http://musik.or.id/tag/sejarah-jazz/

Selamat Hari Jazz Dunia 2013!

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: