JIMMY PAGE mendapat gelar Doktor Kehormatan dari Berklee

Jimmy Page
Photo Source: Jimmy Page Official Facebook | Copyright – Ross Halfin (2010)

Salah satu sekolah musik terbaik dunia, Berklee College of Music melalui website resminya Berklee.edu mengumumkan bahwa sang Presiden Berklee Roger H. Brown akan menabalkan gelar Doctor Kehormatan (honoris causa) di Bidang Musik untuk Jimmy Page, Geri Allen, Valerie Simpson, and Thara Memory pada acara wisuda mahasiswa tanggal 10 Mei 2014 nanti, bertempat di Agganis Arena, Boston University. Lebih dari 900 wisudawan beserta orang tua dan para undangan lainnya akan menghadiri gedung berkpasitas 7000 kursi tersebut.

Mereka ditabalkan sebagai Doctor Kehormatan tahun ini karena pencapaian dan pengaruh mereka di dalam dunia musik, serta kontribusi mereka terhadap kebudayaan di Amerika maupun di dunia. Penerima anugerah sebelumnya adalah nama-nama besar seperti Duke Ellington (yang pertama tahun 1971), Aretha Franklin, Dizzy Gillespie, Quincy Jones, Smokey Robinson, Steven Tyler, Loretta Lynn, David Bowie, Juan Luis Guerra, Paco de Lucia, Carole King, Willie Nelson, Alison Krauss, dan George Clinton.

Sesuai dengan tradisi di Berklee, pada malam menjelang wisuda, para pelajar akan mementaskan tribute untuk para penerima gelar Doctor tersebut di Agganis Arena. Acara konser dan wisuda tidak terbuka untuk umum.

Jimmy Page adalah gitaris, komposer dan produser terkenal yang sudah dua kali ditabalkan di dalam the Rock and Roll Hall of Fame. Karir bermusiknya dimulai sebagai studio session guitarist di London dan akhirnya menjadi anggota band top the Yardbirds, di tahun 1966, sebelum kemudian mendirikan Led Zeppelin, tahun 1968. Bertahun-tahun kemudian Led Zeppelin memberi arti baru dan pengaruh untuk musik Rock dengan serangkaian album mereka yang sekarang dicap sebagai album legendaris yang telah terjual lebih dari 300 juta kopi hingga kini. Melalui Led Zeppelin, Page dikenal sebagai gitaris besar di dalam sejarah musik dunia. Dari musik balada akustik hingga hard rock standar, penggunaan jalur dan tuning yang tidak biasa, penggunaan efek elektronik yang inovatif, dan pendekatan yang baru di dalam merekam dan memproduksi musik telah membawa musik Rock ke jenjang yang lebih tinggi di dalam sejarah musik dunia. Solo gitarnya di lagu “Stairway to Heaven” masih dianggap sebagai solo gitar terbaik sepanjang masa, bahkan 4 dekade sejak dirilis.

Geri Allen adalah seorang pianis, composer, edukatorm dan penerima beasiswa Guggenheim. Sepanjang karirnya, musisi kelahiran  Detroit ini sudah merilis 20 album (sebagai leader), dan juga bekerja untuk Ornette Coleman, Betty Carter, Tony Williams, Ron Carter, Ravi Coltrane, Esperanza Spalding, Terri Lyne Carrington, Marcus Belgrave, Jimmy Cobb, Charlie Haden, dan Paul Motion. Penerima penghargaan pertama the Soul Train Lady of Soul Award untuk kategori jazz ini juga adalah wanita pertama sekaligus yang termuda yang pernah menerima penghargaan Danish Jazzpar Prize. Permainannya juga muncul di film pemenang penghargaan Peabody: “Beah: A Black Woman Speaks”; di album pemenang Grammy Awards 2012 milik Terri Lyne Carrington yang berjudul “The Mosaic Project”; serta  di album nominasi Grammy milik Andy Bey yang berjudul “American Song”.
Allen sekarang ditugaskan oleh the New Jersey Symphony Orchestra untuk menggubah sebuah karya untuk memperingati 50 tahun Pidato Martin Luther King Jr. “I Have a Dream”. Pada tahun 2013, Allen kembali ke alma mater-nya the University of Pittsburgh, untuk mengabdi sebagai director of jazz studies. Dia tetap eksis di blantika musik dengan bermain bersama the Geri Allen Trio dan sebuah tap quartet bernama Timeline.

Valerie Simpson adalah penyanyi dan pengarang lagu dari duo Ashford and Simpson yang terkenal. Dengan almarhum suaminya Nick Ashford, dia ikut menulis dan memproduksi banyak lagu  pop dan soul yang menjadi hits di tangan legenda musik seperti Diana Ross, Marvin Gaye, Whitney Houston, dan Chaka Khan, termasuk lagu “Ain’t No Mountain High Enough,” “You’re All I Need to Get By,” “Reach Out and Touch (Somebody’s Hand),” dan “I’m Every Woman,”.  Sebagai grup penyanyi, Ashford and Simpson dikenal dengan lagu seperti “Solid (As a Rock)” dan “Found a Cure.” Duo ini ditabalkan di dalam the Songwriters Hall of Fame di tahun 2002. Simpson baru saja merilis solo album pertamanya di tahun  2012 berjudul  Dinosaurs Are Coming Back, dan menjadi feature di acara Oprah Winfrey Next Chapter. Sebagai anggota dari ASCAP Foundation Board, dia menciptakan penghargaan Reach Out and Touch Award, yang membantu karir dari pengarang lagu yang berpotensi. Dia juga memiliki the Sugar Bar, sebuah restoran dan pentas musik terkenal di bagian Upper West Side kota New York. Empat buah lagu Ashford and Simpson sekarang menjadi andalan di the Broadway hit Motown the Musical.

Thara Memory adalah seorang peniup trumpet, komposer dan guru musik yang dikenal dengan reputasi sebagai salah satu musisi dan guru terbaik di Portland, Oregon, yang menjadi rumahnya selama lebih dari 40 tahun. Dilahirkan di Tampa dan dibesarkan di Eatonville, Florida, dia pernah bermain dengan Dizzy Gillespie, James Brown, Natalie Cole, the Four Tops, dan  Stanley Turrentine. Pada tahun 2005, dia mendirikan the American Music Program, sebuah orkestra jazz anak muda yang sudah memenangkan beberapa penghargaan nasional.  Bersama alumna Berklee yang juga salah satu bekas muridnya, Esperanza Spalding, dia memperoleh Grammy Award 2013 atas aransemennya untuk lagu “City of Roses” dari album Esperanza yang berjudul Radio Music Society. Siswa-siswa dari the American Music Program bermain mengiringi Spalding pada lagu tersebut dan juga muncul di video klipnya. Selain itu Thara Memory juga memperoleh penghargaan sebagai the Jazz Society of Oregon’s Musician of the Year pada tahun 2006, juga dimasukkan ke dalam the Oregon Music Hall of Fame pada tahun 2007, dan memperoleh penghargaan sebagai Portland Jazz Master di acara Portland Jazz Festival tahun 2012.

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: