Bono menerima Penghargaan Kebudayaan Tertinggi Perancis

Bono dan Filippetti Source: FRANCOIS GUILLOT/AFP/Getty Images
Bono dan Filippetti Source: FRANCOIS GUILLOT/AFP/Getty Images

Selasa lalu (16/07) vokalis U2 Bono, menerima penghargaan kebudayaan tertinggi dari pemerintah Perancis.

Penyanyi Irlandia yang bernama asli Paul Hewson ini menerima penghargaan “Commander of the Order of Arts and Letters” dari Menteri Kebudayaan Perancis, Aurelie Filippetti. Penghargaan ini diberikan kepada Bono karena sumbangannya di dalam dunia musik dan dedikasinya di dalam kerja-kerja kemanusian seperti mendirikan ONE, sebuah yayasan yang memerangi kemiskinan.

“Sebuah kehormatan besar bagiku menerima penghargaan ini, tapi band-ku (U2) yang seharusnya mendapatkannya,” kata Bono seperti yang dilansir oleh Billboard. “Memang mulutku yang paling besar dan suaraku yang paling nyaring, tetapi musik itu kami buat bersama-sama.”

Bbc.co.uk menulis Menteri Filippeti memujinya dengan berkata: “Anda berkomitmen dan mendedikasikan kemasyuran dan karir Anda untuk memulai perang-perang hebat di dalam era kita. Bukan saja untuk alasan-alasan amal, tapi untuk keadilan.”

Pada tahun 2003, Bono pernah memperoleh penghargaan prestise  Legion of Honour dari pemerintah Perancis, dan  Ratu Inggris menganugerahkan gelar kebangsawanan di tahun 2007.

The Order of Arts and Letters, pertama kali diberikan pada tahun 1957, dan pernah diberikan kepada penyanyi  David Bowie, Bob Dylan dan  Shakira, juga aktor-aktor James Bond,  Sir Sean Connery dan  Sir Roger Moore.

(Bastera)

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: