Sejarah the Rock and Roll HALL OF FAME

Rock Hall museum

The Rock and Roll Hall of Fame and Museum adalah lembaga yang didirikan dengan tujuan untuk mendokumentasikan segala hal yang berpengaruh dan berhubungan dengan perkembangan industri musik melalui sebuah museum dan penghargaan Hall of Fame yang diadakan setiap tahun sejak 1986.

Organisasi ini didirikan pada tahun 1983 oleh pendiri Atlantic Records Ahmed Ertegun bersama boss majalah Rolling Stone, Jann Wenner, pengacara Allen Grubman, Jon Landau (kritikus, produser, manager), Seymour Stein (wakil presiden Warner Bros Records dan pendiri Sire Records), Bob Krasnow (Warner, Elektra Records), dan pengacara Suzan Evans.

Ertegun mengajak bos-bos perusahaan rekaman bonafid tersebut untuk mendukung idenya mendirikan lembaga nirlaba ini yang kemudian berbentuk yayasan.

Sejak 1986, yayasan ini mulai memilih legenda musik untuk dimasukkan ke dalam daftar  Rock and Roll Hall of Fame, yang untuk pertama kalinya diadakan di the Waldorf-Astoria Grand Ballroom,New York City. Di saat itu lembaga ini belum memiliki markas. Sebuah komite dibentuk untuk mencari lokasi yang akan menjadi markas dan musium Rock and Roll Hall of Fame. Ada beberapa lokasi yang menjadi kandidat: Memphis (kota asal Sun Studios and Stax Records), Detroit (markas Motown Records), Cincinnati (markas King Records), New York City, dan Cleveland.

Pemerintah kota Cleveland melakukan lobi-lobi agar Rock and Roll Hall of Fame mau bermarkas disana, dengan alasan: Cleveland adalah kota dimana penyiar radio Alan Freed mempopulerkan kata Rock and Roll sebagai genre musik baru pada tahun 1951. (baca artikel: Siapakah yang mempopulerkan istilah Rock and Roll?). Pemerintah Cleveland juga menyediakan dana sebesar 65 juta dollar sebagai modal untuk mendirikan bangunan musium.

Setelah sebuah petisi yang ditandatangani oleh 600 ribu orang, akhirnya Cleveland lah yang terpilih.

Rock Hall museum 3Arsitek Amerika asal China, Ieoh Ming Pei didaulat untuk mendesain musium yang terdiri dari tower dengan ketinggian 49m, dan sebuah piramid kaca raksasa, yang didirikan di pinggir danau Erie. Total luas tapak bangunan adalah 14 ribu meter persegi. Seremoni peletakan batu pertama diadakan pada tanggal 7 Juni 1993, dan dihadiri oleh Pete Townshend (the Who), Chuck Berry, Billy Joel, Sam Phillips, Ruth Brown, Sam Moore (Sam and Dave), Carl Gardner (the Coasters), dan Dave Pirner (Soul Asylum).

 

Rock Hall museum 02

 

The Rock and Roll Hall of Fame and Museum dibuka pada tanggal 1 September 1995 dan diresmikan dengan pemotongan pita oleh  Yoko Ono dan Little Richard, dengan disaksikan oleh 10 ribu pasang mata. Acara pembukan ini dimeriahkan oleh penampilan dari Allman Brothers, Chuck Berry, James Brown, Johnny Cash, Bob Dylan, Aretha Franklin, Al Green, Jerry Lee Lewis, John Mellencamp, Iggy Pop, the Pretenders, Bruce Springsteen, Booker T. & the MG’s, dan lain-lain.

Diluar penghargaan Hall of Fame, museum ini menyimpan dan mengumpulkan sejarah mengenai Rock and Roll. Berbagai program diadakan secara reguler seperti konser musik,  seminar, interview, pemutaran film, dan lain-lain.

Sejak dibuka di tahun 1995, Musium ini telah memberikan pemasukan yang sangat besar bagi kota Cleveland. Tak kurang 8,5 juta orang telah berkunjung dan menghasilkan 1,8 milyar dollar (data 2013) dengan rata-rata pemasukan 100 juta dollar per tahun (1,2 trilyun rupiah, kurs 1 dollar= Rp.12.000).

Selain penghargaan Hall of Fame untuk kategori Performers, yayasan ini juga memberikan penghargaan Award for Musical Excellence untuk musisi-musisi legenda yang menjadi sidemen/band pengiring dari seorang superstar, dan Ahmet Ertegun Award for Lifetime Achievement untuk penulis lagu, produser, disc jockeys, record executives, jurnalis dan pekerja professional lainnya di industri musik yang memberikan pengaruh besar di dalam perkembangan industri musik dunia; serta penghargaan EARLY INFLUENCES bagi artis yang meletakkan dasar lahirnya rock and roll dan memberi pengaruh besar bagi musisi lainnya.

Seorang artis atau grup layak masuk ke dalam daftar Rock and Roll Hall of Fame setelah karya pertamanya yang dirilis berusia 25 tahun.

Website resmi The Rock and Roll Hall of Fame and Museum: www.rockhall.com

Source: wikipedia

 

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: