Gitar Terbesar di Dunia kembali dipamerkan

 

The National Guitar Museum atau Museum Nasional Gitar kembali mengadakan pameran keliling di Amerika. Kali ini mereka menyasar Liberty Science Center, yaitu sebuah museum sains interaktif yang terletak di Liberty State Park, Kota Jersey City, negara bagian New Jersey.

Menurut website nationalguitarmuseum.com, pameran tersebut akan berlangsung dari tanggal 4 Oktober 2014 hingga 4 Januari 2015 sebelum akhirnya mendarat di IMAGINATION STATION, Toledo, Negara bagian Ohio. Rangkaian tur pameran ini akan berhenti di KALAMAZOO MUSEUM pada Januari 2018 nanti.

Sejak 2011, The National Guitar Museum telah mengadakan tur keliling yang diberi nama GUITAR: The Instrument That Rocked The World,  dengan tujuan untuk memperkenalkan dan melestarikan legacy dari gitar, yang telah memberi pengaruh besar terhadap kebudayaan Amerika.

Pameran gitar di Liberty Science Center  akan menampilkan 60 instrumen langka seperti:

  • Gitar-gitar awal dari Fender, Gibson, Ovation, dan Martin guitars (sejak tahun 1835 hingga sekarang)
  • Gitar  synthesizer Ztar Z7S dengan tombol di setiap fret dan string (total 204 buah tombol)
  • The Rock Ock, satu-satunya gitar dengan 8 neck, yang bisa dimainkan
  • Sebuah gitar PRS Dragon yang bertatahkan 238 kulit kerang abalon berwarna emas, merah dan hijau, mutiara dan gading mammoth
  • Gitar-gitar dengan bentuk dan cat yang mengagumkan yang didesain untuk gitaris seperti Randy Rhoads

Tidak hanya itu, di dalam eksibisi ini juga menampilkan gitar terbesar di dunia yang bisa dimainkan, yang merupakan pemegang rekor dan telah dicatat oleh the Guinness Book of Records. Gitar yang selesai dibuat sekitar 10 tahun yang lalu ini oleh sebuah akademi sains di Houston, Texas, mempunyai berat 1020 kg dan panjang 4, 9 meter.  Layaknya gitar biasa, gitar raksasa ini benar-benar bisa digenjreng dan dimainkan, tentu dengan hasil suara yang seadanya.

Untuk hiburan, berbagai permainan yang berhubungan dengan ilmu sains di bidang suara juga dipersembahkan untuk para pengunjung. Anak-anak dan orang dewasa bisa ikutan permainan menguji ingatan dengan memainkan riff musik di sebuah virtual fretboard. Menguji sendiri berbagai macam jenis kayu untuk mencari suara mana yang paling bagus. Merancang sendiri gitar idamanmu, dan lain-lain.

Sederet gitaris terkenal akan tampil bergantian sepanjang pameran ini dilaksanakan. Nama-nama besar seperti Dick Boak and Craig Thatcher, Michael Napolitano, Devi, Tobias Hurwitz, Ian Smit, Rich Maloof, Stanley Jordan, Lightning Guitar featuring Joe DiPrima, StarFish, Bubble, Grey Mcmurray, Mike Levine, Kurt Gallagher, Harvey Valdes, Marc Sloan, BT3 (Ben Tyree),  Little Rockers dan Alex Skolnick.

Kalau kamu lagi beruntung sedang berjalan-jalan di Amerika, jangan lupa datang ke New Jersey dan singgah di Liberty Science Center, ok? Dijamin gak bakalan rugi!

*****

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: