Musisi Aceh tampil di ASEAN Jazz Festival 2013

by IHAN NURDIN | 

6th Asean Jazz Fest 2013

TIGA musisi Aceh yang tergabung dalam Moritza Taher Trio akan meramaikan event ASEAN Jazz Festival 2013 yang digelar di Batam pada 20-21 September 2013 mendatang.

Event internasional itu akan menampilkan musisi jazz terbaik Indonesia dan bintang jazz internasional seperti Rieka Roeslan, Barry Likumahua, Dwiki Dharmawan, World Peace Band, Steve Thornton, Mr. Koh, Glen Glen Dauna feat Mia Samira, Yuri JO, Sierra Soetedjo, Nita Artsen, Ajeng, Naseem and Friends, Surabaya All Stars.

Mereka akan berkolaborasi untuk menampilkan ekspresi musik jazz terbaik. Selama festival, penonton akan memiliki kesempatan untuk menikmati fusi etnik antara alur jazz menggunakan instrumen musik modern dengan beberapa suara yang berbeda dari alat musik tradisional dari seluruh kepulauan Indonesia.

ASEAN Jazz Festival adalah acara tahunan yang diprakarsai sejak 2008 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Event ini juga sebagai media untuk pendidikan dan apresiasi terhadap industry music jazz. Ini merupakan kali keenam festival tersebut digelar di Kepulauan Riau.

Moritza Taher Trio dengan tiga personilnya yaitu Moritza Thaher (vokalis dan keyboard), Teuku Mahfud (drum) dan Maiwan Syah (bassist) merupakan musisi yang cukup dikenal di Provinsi Aceh. Belum lama ini mereka juga tampil sepanggung dengan Dwiki Dharmawan dalam event Klinik Jazz pada Juni 2013 lalu.

Salah satu personilnya, Teuku Mahfud, kepada ATJEHPOSTcom mengatakan mereka akan berangkat ke Batam pada 20 September 2013 mendatang. Ketua Gabungan Musisi Aceh ini juga mengaku sangat senang bisa ikut meramaikan event itu.

“Sangat senang, pertama bisa bermain bersama-sama musisi jazz ternama, dan kedua bisa tampil mewakili Aceh dan mendapat kesempatan memperkenalkan musik jazz yang bercitarasa Aceh,” ujarnya, Jumat, 30 Agustus 2013.

Moritza Thaher Trio mulai terbentuk sejak tahun 1994, namun personilnya terus berganti kecuali Moritza Thaher dan Teuku Mahfud. Selain Maiwan, yang sempat bermain dengan Moritza Thaer Trio ada Ulis dan Mirza (bass).

Kadang mereka juga tampil quartet dengan penambahan Nadisyah (gitar), atau Deni Afrizal (gitar), Amirul Yudi (gitar) dan Mada Firmansyah (saxophone), juga Teuku Mirza (gitar) dan almarhum Tommy Okiza (bass).[] ihn

Source: ATJEHPOSTcom

Facebook Comments

One thought on “Musisi Aceh tampil di ASEAN Jazz Festival 2013

Leave a Reply

%d bloggers like this: