10 Tips Latihan Bass Gitar

Photo Source: Raden Adhy Setia P
Photo Source: Raden Adhy Setya P

Bassist dan edukator musik Aceh, Maiwan Syah memberi tips latihan untuk para musisi:

1. Buat manajemen latihan yang terprogram.

Usahakan latihan sebanyak mungkin. Saya sekarang masih menyempatkan untuk berlatih 8 jam sehari, pagi 2 jam, siang 3 jam, dan malam 3 jam, kecuali kalau ada jadwal mengajar atau latihan dan konser bersama band. Yang dilatih tidak hanya motorik dan teknik, tetapi juga pengetahuan harmoni, improvisasi dan lain-lain.

Tetapi, banyak yang kurang beruntung dalam hal ketersediaan waktu untuk berlatih. Saya rasa minimal 2 jam sehari sudah boleh, 30 menit di pagi hari. Siang 30 menit, dan malam 1 jam. Tetapi harus teratur, terkonsep dan kontinyu.

2. Latihlah suatu teknik atau lick hingga sempurna.

Jangan tanggung-tanggung, latihlah suatu lick hingga betul-betul perfect. Cari instruktur atau teman yang mahir akan teknik tersebut untuk menilai apakah teknik/lick dan suara yang dihasilkan sudah benar. Sangat rugi apabila mati-matian melatih sebuah lick yang rumit, tetapi tone yang diharapkan tidak “keluar”.

3. Jangan modern melulu, coba juga yang “classic” seperti Jazz dan Blues.

Tujuannya untuk memperkuat dasar permainan dan memberi wawasan yang lebih luas di dalam pengembangan permainan. Latihan Walking bassline pada swing jazz dan bebob membantu seorang bassist memperkuat otot-otot jari dan melatih kemampuan menguasai scale dan mode. Swing/triplet groove di dalam Jazz dan Blues akan membantu seorang bassist mempertunjukkan permainan yang groovy dan mengibur.

4. Melatih MENTAL di dalam bermusik.

Tidak hanya skill, tetapi juga MENTAL yang harus dilatih di dalam bermusik. Musisi harus berani bertanya dan jangan pasif apabila ada kesempatan-kesempatan seperti workshop dan klinik. Musisi harus berani mencoba sesuatu yang lain di luar kebiasaan dalam memainkan satu aliran yang disukai saja. Dan yang paling penting, seorang musisi harus selalu siap tampil di mana pun.

5. Jangan mengulang apa yang sudah dibikin orang lain.

Kreatifitas permainan harus dikembangkan, jangan hanya mengulang permainan orang lain.

6. Belajarlah teori-teori musik.

Belajar teori musik dengan terstruktur dan sistematis akan sangat membantu seorang musisi untuk bereksplorasi di dalam permainannya. Dengan tahu how to play, what to play dan when to play, seorang musisi akan gampang mengisi sebuah komposisi dengan ribuan hingga tak terhingga alternatif isian.

7. Bergaul

Seorang musisi harus tinggi rasa sosialnya. Bergaul adalah salah satu cara yang baik untuk mengembangkan jaringan dan menemukan guru atau teman bermain yang asik, juga merupakan salah satu cara untuk mengembangkan fanbase/penggemar.

8. Manggung sebanyak mungkin

Musisi itu ujiannya di panggung dan recording. Anggaplah ketika manggung itu kamu sedang ujian di kelas. sehingga kamu akan bermain sebaik mungkin agar bisa lulus dan naik kelas.

9. Berlatih untuk tidak egois

Ribuan teknik dan lick bisa menjadi andalan seorang bassist untuk menunjukkan kemampuan dan dominasi nya di dalam sebuah band. Tetapi harus diingat, peran utama seorang bassist adalah untuk memperkuat rhythm section sebuah band. Isi peran tersebut dahulu, baru kemudian masukkan lick dan isian lain yang menarik ke dalam sebuah komposisi.

10. Sabar

Kesabaran adalah modal utama untuk sukses. Jangan cepat bosan dan malas.

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: