Obituary: Paco de Lucia (1947 – 2014)

Paco de Lucia

Gitaris flamenco dunia Paco de Lucia dikabarkan meninggal dunia Rabu, 26 Februari 2014 di Cancun, Mexico. Pemerintah kota Algeciras, Spanyol yang merupakan kota asal gitaris yang bernama asli Francisco Sánchez Gomes mengumumkan kota itu akan berkabung selama tiga hari.

Paco meninggal dunia akibat serangan jantung, setelah tiba-tiba merasa sakit ketika sedang bermain di pantai bersama anaknya. Paco meninggal ketika sedang di dalam perjalanan menuju ke rumah sakit.

Paco de Lucia dikenal dengan kemampuannya bermain gitar dengan sangat indah dan super cepat. Tidak hanya memainkan flamenco, dia juga sering bereksperimen berbagai jenis musik, seperti kolaborasi Jazz “Friday Night in San Francisco” bersama gitaris John McLaughlin dan Al Di Meola pada tahun 1981.

Dilahirkan pada 21 Desember 1947 di Algeciras, Cadiz, sebagai bontot dari lima bersaudara dari gitaris flamenco Antonio Sánchez dan ibu kelahiran Portugis Lucia Gomes. Abang-abangnya termasuk penyanyi flamenco Pepe de Lucía, dan gitaris flamenco almarhum Ramón de Algeciras.

Dia mulai menanjak karirnya ketika membentuk duo flamenco almarhum Camaron de la Isla sepanjang tahun 60-an dan 70-an. Permainan gitarnya di lagu “Entre Dos Aguas” (193) menjadikan lau tersebut sebagai salah satu rekaman terpupuler di Spanyol.

Selamat jalan maestro! Karya dan permainanmu akan selalu abadi.

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: