Teater Rongsokan siap “eksekusi” tersangka pembunuh bocah Diana

 

by IHAN NURDIN | Rabu, 10 April 2013 14:26:00 WIB | Source: Atjehpost

AKSI Solidaritas untuk Diana yang digagas belasan komunitas anak muda di Banda Aceh akan menampilkan beberapa pertunjukan dari masing-masing komunitas. Salah satunya Teater Rongsokan IAIN Ar Raniry Banda Aceh. Mereka akan tampil pada Jumat siang, sekitar pukul 14.00 WIB, 12 April 2013 di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Kelompok seni mahasiswa ini akan menampilkan teatrikal berupa eksekusi terhadap tersangka pemerkosaan dan pembunuhan terhadap Diana, bocah berusia enam tahun yang berasal dari Desa Peulanggahan, Kecamatan Kuta Raja Banda Aceh.

“Kami siap mendukung aksi untuk perlindungan anak-anak Aceh,” kata Ketua Teater Rongsokan, Karol, kepada ATJEHPOStcom malam tadi, Selasa, 9 April 2013.

Dalam aksi nanti, anggota Rongsokan akan memerankan sebagai eksekutor yang akan mengeksekusi dua tersangka kejahatan terhadap Diana. Aksi teatrikal ini sendiri akan berlangsung di bawah pohon Geulumpang di halaman Masjid Raya Banda Aceh. Persis di tempat Kohler tewas ditembak pejuang Aceh di masa lalu.

Selain menampilkan aksi teatrikal pada Jumat siang, mereka juga dijadwalkan tampil pada Sabtu malam, 13 April 2013. Beberapa penampilan khusus seperti musikalisasi puisi dan pantomim akan ditunjukkan sebagai bentuk aksi solidaritas.

Aksi solidaritas ini dibuat sebagai bentuk gerakan moral atas maraknya kasus kejahatan seksual pada anak di Aceh akhir-akhir ini. Sebagai salah satu organisasi mahasiswa, Rongsokan telah melahirkan banyak karya kreatif sebagai media menyuarakan aspirasi sosial masyarakat.[] ihn

 

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: