Bedah Gitar: Guitar Pickups – Bagian Pertama

robz freakenstein

By: Robby “Glyph” Freakenstein  | ARTROCK Guitars Endorser | Clinician | Guitarist of Glyph|

Bagian keenam Bedah Gitar  akan membedah bagian pickups dari sebuah gitar elektrik. Artikel ini ditulis oleh Robby Freakenstein dari ArtRock Guitars.

Guitar pickups adalah part guitar yang berfungsi sebagai penangkap getaran senar yang akan melalui beberapa rangkaian sehingga menghasilkan bunyi.

Berdasarkan bentuknya, pickup dibedakan menjadi 3 macam, yaitu; single coil, humbucker, dan soapbar. Namun belakangan ini muncul pula pickup dengan bentuk Triple coil.

Berdasarkan cara kerjanya, pickup dibedakan menjadi 2 macam, yaitu; Passive dan active.

Single Coil Pickups

01 Open Humbucker and single
Artrock RTL-130Q FR

Pickup model single coil umum digunakan pada gitar-gitar model strat. Artrock Gugun Signature, Artrock RTL series, Artrock RTL-130Q FR (mid and neck), Fender Stratocaster, Telecaster, dll adalah contoh-contoh gitar yang menggunakan single coil pickups.

02 Single coil covered
Single coil covered

Single coil pickups memiliki respon treble yang sangat besar dengan output yang cenderung kecil, sehingga cocok untuk memainkan sound clean, crunch, hingga overdriven. Umumnya gitaris-gitaris menyebut sound dari single coil dengan istilah “twanky”. Namun pickup single memiliki noise berupa “hum” yang cukup besar jika dimainkan dalam sound distorsi. Bentuk umum dari pickup single coil adalah; open coil, covered, dan lipstick.

03 Lipstick pickup
Lipstick pickup

 

 

Humbucker Pickups    

04 Covered Humbucker

Pickup model Humbucker awalnya dibuat bertujuan menghilangkan noise berupa “hum” pada single coil pickups, dengan menambahkan gulungan pada magnet pickup-nya. Dari sinilah istilah Humbucker muncul. Humbucker pickups umum digunakan pada gitar berbentuk Les Paul seperti Artrock JPI, RLP, RMA, RMF, Gibson, Fender, Ibanez, dll…

05 Humbucker PAF

Humbucker pickups memiliki output yang besar namun berbanding terbalik pada respon treble-nya. Respon treble pickup Humbucker tidak sebesar pickup single coil. Namun pickup Humbucker sangat bisa diandalkan untuk sound distorsi yang heavy sekalipun, dan tetap dapat menghasilkan sound clean yg bulat namun tegas. Bentuk umum dari pickup humbucker adalah; Open coil, Covered, dan PAF.

Soapbar Pickups               

06 Soapbar or P90 pickup

Pickup model soapbar juga bisa kita lihat di beberapa gitar Gibson. Pickup model ini memiliki karakter sound yang berada diantara single coil dan humbucker. Tidak banyak gitaris yang cocok dengan pickup model ini, tapi bukan berarti tidak bagus. Karena Soapbar pickups memiliki sound yang unik.

Triple Coil                      

07 Coaxe triple coil

Pickup Triple coil mungkin belum umum kita kenal. Contoh gitar yang menggunakan Triple coil adalah VOX SSC55GL (Penulis sempat menjadi clinician VOX product di Malang sebelum bergabung dengan Artrock guitars 2011-present). Pickup yang digunakan pada guitar VOX adalah Coaxe. Kelebihan pickup ini adalah bisa difungsikan sebagai single coil, humbucker, ataupun soapbar.

BERSAMBUNG KE BAGIAN KEDUA: ACTIVE AND PASSIVE

Facebook Comments

6 thoughts on “Bedah Gitar: Guitar Pickups – Bagian Pertama

Leave a Reply

%d bloggers like this: