Pionir drum funk Clyde Stubblefield meninggal dunia

 

Clyde Stubblefield, drummer yang dikenal sebagai sideman James Brown, meninggal dunia di umur 73 tahun pada 18 Februari 2017 di Madison, Wisconsin, USA, karena gagal ginjal. Istri Clyde, Jody Hannon kepada Associated Press mengatakan suaminya meninggal Sabtu siang di rumah sakit Madison setelah dirawat selama beberapa hari. Stubblefield sudah menderita sakit ginjal selama 10 tahun terakhir.

Stubblefield dianggap sebagai salah satu peletak dasar funky drumming bersama John “Jabo” Starks, yang juga bermain bersama James Brown. Permainan drumnya di lagu Brown “Cold Sweat”, “Ain’t It Funky Now”, dan “I Got the Feelin'” memberi warna baru di dalam musik funk dan turunannya.

Dia dikenal karena solo drumnya di lagu James Brown “Funky Drummer” yang telah dijadikan sample ribuan lagu hip hop hingga kini. Walaupun demikian, Clyde tidak menerima royalti atas legacy-nya tersebut.

Simak solo drum fenomenal Clyde Stubberfield di video Funky Drummer berikut (menit ke 5:20 hingga 5:40):

 

Dilahirkan di Chattanooga, Tennessee pada tanggal 18 April  1943, Clyde mulai bermain drum setelah menyaksikan sebuah parade. Ketika beranjak remaja dia telah bermain sebagai drummer profesional dan bergabung dengan gitaris Eddie Kirkland dan tur dengan Otis Redding di awal 1960-an.

Clyde bergabung dengan James Brown tahun 1965 dan merekam beberapa album bersamanya, album-album yang kini dianggap sebagai klasik di dalam musik funk.

Setelah menikah pada tahun 1970, Clyde memutuskan untuk tinggal di Madison hingga akhir hayatnya. Dia menyibukkan diri dengan terlibat di scene musik lokal bersama musisi tenar lainnya seperti Steve Skaggs, Cris Plata, Randy Sabien, trio musik country Common Faces dan grup jazz NEO. Sejak awal 90-an hingga 2015, Clyde mengiring acara radio show nasional Whad’Ya Know?.

Dia terlibat rekaman dan manggung bersama The J.B.’s yang merupakan grup projekan mantan anggota band James Brown, yang melibatkan Bootsy Collins, Maceo Parker dan “Jabo” Starks, dll

Bersama Jabo Starks, Clyde membentuk duo Funkmasters, merekam dua album dan tur bersama.

Pada tahun 2016, Majalah Rolling Stone menempatkan duo Stubblefield/Starks di urutan ke-enam daftar 100 Greatest Drummers of All Time.

Clyde Stubblefield mulai mengalami masalah kesehatan sejak tahun 2000 ketika didiagnosa menderita kanker kandung kemih. Almarhum Prince adalah salah satu yang menyokong Clyde ketika dia sakit. Prince pernah membayar tagihan hingga US$ 80 ribu karena Clyde tidak memiliki asuransi kesehatan.

Pada tahun 2009, musisi di wilayah Madison melakukan pengumpulan dana untuk membantunya mendapatkan transplantasi ginjal dan biaya cuci darah.

Clyde Stubblefield merupakan endorser Meinl Cymbals dan Yamaha Drums.

 

Selected Discography

Solo

  • The Revenge of the Funky Drummer (1997)
  • The Original Funky Drummer Breakbeat Album (2002)
  • The Original (2003)

Funkmasters

  • Find the Groove (2001)
  • Come Get Summa This (2006)

Fred Wesley

  • Funk for Your Ass (2008)

James Brown

  • Cold Sweat (1967)
  • I Got the Feelin’ (1968)
  • It’s a Mother (1969)
  • Say It Loud – I’m Black and I’m Proud (1969)
  • Sex Machine (1970)

The J.B.’s

  • Bring the Funk on Down (1999)

Ben Sidran

  • Don’t Let Go (Blue Thumb, 1974)

Source: AP, Wikipedia, Rolling Stone

 

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: