Drum Lick: King of Pain by The Police

Kirka: Andy Summer, Sting, Steward Copeland
Kirka: Andy Summer, Sting, Steward Copeland

By: T. Mahfud (Drum Department, Sekolah Musik Moritza)

King of Pain adalah single dari album Synchronicity milik The Police yang dirilis pada tahun 1983. Seperti biasa, di dalam lagu ini Steward Copeland pun hadir dengan “kenakalan-kenakalannya” yang sangat segar, dan menimbulkan semangat bagi yang mendengarkannya (pernyataan ini mungkin sangat subjective, tapi percayalah: memang begitu adanya ).

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi kepada para pembaca mengenai lick drum pada lagu ini. Saya mencoba membuat sebuah transkripsi dari bagian kedua lagu sehingga refrain kedua saja. Maafkan apabila ada yang kurang dan terlewatkan semata-mata disebabkan waktu yang sangat sempit untuk mengejar deadline tulisan ini. Mungkin di lain kali akan disempurnakan lagi (Mohon maaf sekali lagi, saya tidak berhasil menemukan cara untuk membuat simbol open-hihat di software Finale 2012.).

Saya dan beberapa teman drummer sepakat, sulit sekali memainkan intro lagu ini.  Sekilas pada awalnya kami sama-sama mengalami disorientasi untuk ketukan pertama rhythm drum bar berikut, setelah “di-kudeta” oleh intro/pickup pada snare+hihat bar ke-34.

Intro drum yang kelihatannya “sangat unik” ini timbul akibat pattern kick drumnya tidak berada di ketukan pertama dan ketiga layaknya lagu-lagu backbeat/rock lainnya, melainkan pada setiap ketukan “dan”. 

Copeland kembali memamerkan style khasnya memainkan variasi pada hi-hat (bagian lagu) dan variasi pada ride+bell (refrain). Tidak lupa aksen dengan flam pada snare drum yang menjadi trademark-nya (FYI: kabarnya salah satu alasan the Police bubar adalah karena Sting benci dengan flam yang secara massive dimainkan oleh Steward . Boleh percaya boleh tidak).

Saran: Untuk groove di hi-hat seperti yang dimainkan oleh Steward Copeland, mainkanlah lagu dengan hi-hat bernilai 1/4, lalu beri variasi dengan not 1/8 atau 1/16, padukan dengan open hi-hat, serta beri aksen dan dinamik untuk memperindah.  Jangan lupa, Steward suka menyambar splash, bell pada ride, octoban ataupun tom, sebagai variasi dari sound.

Check lagunya disini:

TRANSKRIPSI

King Of Pain by T Mahfud

Facebook Comments

One thought on “Drum Lick: King of Pain by The Police

Leave a Reply

%d bloggers like this: