Ikutaro Kakehashi, pendiri Roland Corp dan penemu banyak alat musik elektronik meninggal dunia

Salah satu nama yang paling berpengaruh di dalam terciptanya warna musik modern, Ikutaro Kekehashi telah meninggal dunia.

Pendiri perusahaan ROLAND CORP dan penemu banyak alat musik elektronik, termasuk juga terlibat di dalam pengembangan MIDI, meninggal dunia di usia 87 tahun, Sabtu, 1 April 2017.

Ikutaro dikenal sebagai penemu berbagai model drum machine dan synthesizer, termasuk Roland TR-808 yang terkenal, yang merupakan ikon di dunia hip-hop dan musik elektronik.

Banyak musisi berhutang atas penemuan-penemuannya yang memudahkan mereka membuat komposisi dan merekam musik secara elektronik. Termasuk para gitaris yang menikmati kemudahan dari berbagai efek gitar dan bass yang diterbitkan oleh Roland dan Ace Tone.

Karena jasanya terhadap dunia musik, pada tahun 2013 dia dianugerahkan piala Grammy atas kontribusinya di dalam pengembangan teknologi musik elektronik.

Seperti yang dilansir dari BBC, kematian Ikutaro Kekehashi diumumkan oleh salah satu mantan koleganya di Facebook.

Marc Almond dari Soft Cell, yang menggunakan 808 di hit mereka ‘Tainted Love’, menulis: Seorang pria yang telah merubah musik, Ikutaro Kakehashi orang dibalik Roland Synth, 808 dan banyak lagi lainnya telah meninggal dunia. Terima kasih atas Electro soundsnya.”

Nantikan artikel selanjutnya mengenai biografi singkat Ikutaro Kakehashi di www.Musik.or.id

*****

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: