Review: 10 Situs Tuning Gitar Online

Pemilihan 10 situs penyedia tuning gitar ini bukan merupakan hasil penilaian dari acehmusician.org, tetapi berdasarkan urutan yang dimunculkan oleh mesin pencari Google ketika kami mengisi kata kunci “online guitar tuner”. Urutan bisa berubah apabila kata kunci dirubah, waktu yang berbeda, dan tentu akan berbeda hasilnya apabila menggunakan mesin pencari lain, seperti Yahoo.com. Waktu pencarian adalah jam 6 WIB tanggal 12 Mei 2013.

Berikut 10 website penyedia tuning gitar “urutan terbaik” versi Google.com dengan keyword: “online guitar tuner”

1. Gieson.com

Website ini muncul di urutan pertama dari hasil pencarian di  Google.com. Program tune-by-ear yang diberi nama Gieson Interactive dibuat berbasiskan Adobe Flash Player.

gieson

Situs yang sangat simpel, bentuk tuner seperti tampilan sebuah head amp gitar. Cara menggunakannya cukup arahkan mouse dan klik ke “switch on-off” yang diberi nama sesuai urutan dawai gitar 6-senar. Ada pilihan Auto Advance yang bisa otomatis membunyikan dawai secara berurut.

Kekurangan situs ini adalah tidak adanya pilihan tuning dengan gitar langsung melalui input soundcard atau microphone. Tidak terdapat pilihan tuning mode selain yang standard E-A-D-G-B-E.

2. Get-tuned.com

Situs ini menyediakan fasilitas tune-by-ear dan berbasiskan Adobe Flash Player. Kamu bisa memilih tuning mode jenis apapun yang kamu mau. Ada 2 pilihan, menggunakan preset yang sudah disediakan yang variasi nya dari 1/2 step down, full step down hingga Open C. Pilihan kedua adalah sangat luar biasa: BEBAS! Get-tuned.com memberi keleluasaan bagi pengunjung situsnya untuk memilih sendiri nada yang diinginkan untuk tuning setiap dawai gitarnya.

Get-tuned

Cara menggunakannya mudah sekali, cukup klik mouse ke lambang “Play” dan akan “looping” terus menerus sampai kamu menghentikannya dengan meng-klik icon “stop” yang ada di sisi kanan bawah tuner.

Kekurangan situs ini adalah tidak adanya pilihan tuning dengan gitar langsung melalui input soundcard atau microphone.

3. Guitarforbeginners.com

guitarforbeginners

Situs yang dimiliki gitaris dan instruktur Kirk Lorange ini mempunyai 2 pilihan, tune-by-ear dan tuning langsung melalui microphone atau input ke soundcard. Pilihan kedua ternyata adalah chromatic tuner yang dimiliki oleh proguitartuner.com yang merupakan urutan ke empat dalam list ini.

Untuk pilihan tune-by-ear, Guitarforbeginners.com menyediakan beberapa preset untuk tuning mode: Standard, down a half step, dropped D, dan lain-lain. Tampilan sangat sederhana. Pengunjung situs tinggal mengklik dawai yang yang sudah ditandai.

4. Proguitartuner.com

Situs yang mendedikasikan dirinya hanya untuk tuning gitar ini ternyata hanya menyediakan chromatic tuning saja. Kamu harus memiliki microphone ataupun jack yang tersambung dengan soundcard untuk dapat menggunakan fasilitas tuning situs ini.

proguitartuner

Tersedia beberapa tuning preset yang bisa dipilih di menu drop-down disebelah kiri tuner. Situs ini juga memberikan informasi mengenai cara-cara tuning gitar by-ear lengkap dengan gambar-gambarnya.

Kekurangan dari situs ini adalah tidak menyediakan tune-by-ear.

5. Howtotuneaguitar.com

Satu lagi situs yang spesial berisi informasi-informasi bagaimana men-tuning gitar. Beberapa lesson, macam-macam chord,  dan tentunya perihal tuning gitar ada disini.

howtotuneaguitar

Program berbasis Flash untuk tuning gitar yang diberi nama Tune-O-Matic dihadirkan situs ini. Bersifat tune-by-ear, tuning-o-matic menyediakan pilihan beberapa macam tuning mode, dan ada pilihan berbagai macam jenis suara gitar yang tersedia sesuai kebutuhan pemgguna. Brilian! Cara menggunakannya cukup meng-klik pilihan dawai yang dibutuhkan.

Kekurangannya tidak memiliki tuning gitar memlalui microphone ataupun input di soundcard.

6.  Jamplay.com

Situs lesson gitar online yang terkenal, dengan kontributor dari banyak gitaris dan bassist terkenal ini, merupakan situs tuning gitar online TERBAIK menurut redaksi acehmusician.org. Walaupun berada di urutan keenam hasil pencarian di Google.com, situs ini memberi banyak pilihan yang baik untuk tuning gitar. Banyak lesson dan video lesson gitar tersedia di situs ini.

tune-by-ear yang disajikan sangat mudah dan komplit. Tersedia beberapa preset untuk tuninng mode, ada pilihan tempo untuk tuning dari slow, medium dan fast yang semuanya didapatkan di dalam mode autoplay.

tuning by ears jamplay

Untuk digital tuner diperlukan microphone atau jack yang terhubungkan dengan soundcard. Dalam option ini tuning gitar sangat mudah dengan adanya indikator l.e.d dan besaran frekwensi yang muncul di layar monitor.

chromatic jamplay

7. Fender.com

Situs resmi pabrikan gitar terkenal dunia, Fender.com menyediakan fasilitas tune-by-ear yang sangat cantik dan informatif. Terdapat beberapa preset untuk tuning mode, dan pilihan looping untuk kontinuitas. Pengguna tinggal meng-klik peghead gambar gitar Fender Stratocaster yang menjadi model untuk software tuning gitar milik Fender yang juga berbasiskan Flash Player.

fender tuning guitar

8.  Gtdb.org

Guitar Tuning Database (gtdb.org) menyediakan fasilitas tune-by-ear yang sangat komplit untuk 11 macam tuning mode. Walaupun lengkap, tetapi dengan keharusan men-download sekaligus semua mode tersebut telah menyebabkan situs ini sedikit lambat ketika mengaksesnya. Fasilitas lain dari situs ini adalah adanya forum (walaupun tidak terlalu aktif), bagan-bagan chords dan scale, serta tuning map.

gtdb tuning

9. Tunerr.com

Situs ini hanya menyediakan tuning melalui microphone atau line-in input pada soundcard. Tampilan sangat sederhana dengan tidak ribet menjadi andalan tunerr.com.

tunner dot com

10. 8notes.com

Tuning gitar yang disediakan situs musik 8notes.com ini sangat biasa dan memerlukan dukungan quicktime player. Fasilitas tune-by-ear dan hanya satu tuning mode saja (standard) menyebabkannya tidak terlalu istimewa. Mungkin features yang menyediakan sejumlah koleksi music sheets dari berbagai jenis musik, dan banyak lain informasi mengenai musik, membuat situs ini lumayan populer.

8notes tuning

Demikian 10 buah situs penyedia tuning gitar online yang diurut berdasarkan hasil pencarian di google.com ketika kami mengisi kata kunci “online guitar tuner”. Hasil tuning gitar dari ke-10 situs tersebut tentunya bisa tidak akurat karena bergantung dari  kecepatan internet yang tersedia, dan faktor-faktor teknis lain seperti soundcard dan microphone yang tidak berfungsi dengan baik,  speaker yang rusak/tidak baik kualitasnya, dan sebagainya.

Bagi musisi yang mempunyai program-program untuk recording yang terinstal di komputernya, disarankan untuk menggunakan fasilitas tuning yang ada di software-software tersebut. Harapan dari kami adalah walaupun tersedia banyak aplikasi tuning gitar chromatic di internet, para musisi tetap harus berlatih tune-by-ear.

Semoga bermanfaat!

Facebook Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: